Lihat ke Halaman Asli

Didik Purwanto

Tech Buzz Socialist

Cuan Makin Ngucur Berkat Brilianpreneur

Diperbarui: 15 Desember 2022   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Brilianpreneur juga dapat dinikmati melalui Tokopedia. Foto: dok pribadi

Siapa sih yang nggak mau jadi pengusaha sukses? Apalagi di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini. Mendulang cuan pun makin gampang asal tahu caranya.

Nah, iseng-iseng tadi pagi aku buka halaman utama situs belanja daring (e-commerce) Tokopedia. Tampilannya ciamik sehingga mengundang mata untuk segera memerintahkan otak ke tangan lekas memencetnya. Brilianpreneur? Apaan tuh?


Pas aku klik laman Tokopedia itu, ternyata banyak banget usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berpartisipasi di dalamnya. Aku pun mencari tahu, apa sih Brilianpreneur itu?

Apa itu Brilianpreneur?

Setelah aku kulik-kulik, ternyata Brilianpreneur ini merupakan program dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Di tengah HUT 127 BRI, bank terbesar di Indonesia ini memilih lebih dari 500 pengusaha UMKM untuk pameran luring serta masuk penjualan situs dagang daring (e-commerce).

Nggak tangggung-tanggung, BRI memboyong pengusaha dari jenis home decor dan craft, food & beverage, aksesori dan kecantikan, fesyen, healtcare/wellness serta perusahaan rintisan (startup). Saat ini, jenis usaha tersebut emang banyak peminatnya, baik pelaku maupun pembelinya.

Sehingga nggak salah kalau BRI turut memfasilitasi pengusaha UMKM dari jenis tersebut untuk bisa naik kelas. Selain itu, membantu memasarkan produk UMKM ke jaringan lebih luas. Salah satunya, melalui pameran dan e-commerce. Inilah pentingnya UMKM online di e-commerce.

Pameran Offline dan Online

Yang unik dari Brilianpreneur ini, BRI menyelenggarakan secara luring (offline) dan daring (online). Demi menyambut HUT 127 BRI, bank peraih laba tertinggi hingga kuartal III-2022 ini tersebut menggelar UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022 secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Bagi masyarakat yang tidak tinggal di Jabodetabek, tetap dapat menikmati pameran secara online. Bahkan masyarakat dari seluruh Indonesia sampai dunia pun bisa melihat koleksi produk sekitar 500 UMKM yang dipajang di e-commerce. Asyiknya, pameran secara online ini dapat dinikmati melalui situs e-commerce  terkemuka di Indonesia sepanjang bulan Desember 2022.

Yang bikin kagum, BRI tuh menggelar program ini dengan tema "Brings MSMEs Indonesia to the World" alias membawa UMKM Indonesia untuk dapat masuk pasar global.

Masyarakat yang dapat langsung datang ke Jakarta atau melihat via e-commerce akan bisa melihat keunikan, kualitas hingga kisah di balik produk UMKM ini. Masyarakat juga dapat melihat bahan baku serta penggunaan material yang ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline