Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Agar Pulih, ODMK di Panti Ikuti Terapi Cocok Tanam

Diperbarui: 30 Maret 2017   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terapi Bercocok Tanam

Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 milik Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melakukan terapi bercocok tanam untuk kepulihan dirinya, sebanyak 10 orang mengikuti terapi bercocok tanam sebagai upaya pemberdayaan Warga Binaan Sosial.

Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Tuti Sulistyaningsih mengemukakan, ODMK yang mengikuti terapi cocok tanam tersebut merupakan ODMK yang masuk dalam kategori sedang.

"Iya artinya mereka dalam kondisi bisa kami latih untuk bercocok tanam, ini bagian dari terapi juga," tandas Tuti saat ditemui pada Rabu (29/3).

Ia melanjutkan, sebelum mengikuti terapi bercocok tanam, ODMK tersebut diberikan arahan bagaimana cara bercocok tanam yang baik.

Terapi Bercocok Tanam

"Mereka ikut bimbingan teknis dengan Suku Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Jakarta Timur, juga ada dari pihak kecamatan mendukung upaya kami," kata Tuti.

Karena menurutnya, ODMK yang sudah masuk kategori sedang memiliki potensi untuk diberdayakan, apabila mereka pulih, mereka pun bisa mendapat pekerjaan.

Terapi Bercocok Tanam

Ketika mereka mendapatkan pekerjaan, katanya, secara otomatis mereka akan mendapatkan penghasilan sendiri, mereka akhirnya bisa membantu masyarakat

"Masyarakat tidak perlu takut dengan mereka, di panti mereka kami latih agar bisa berdaya guna, jadi mereka nggak berkeliaran di jalan, nggak pakai baju, rambut berantakan malah kadang-kadang suka ganggu warga," ujar Tuti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline