Lihat ke Halaman Asli

Dinda Salsabila

mahasiswa fakultas peternakan

Problematika Munculnya Istilah "Beban Keluarga"

Diperbarui: 7 Desember 2022   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : www.nabchelny.ruImage caption

Tentu saja istilah dari beban keluarga tidak asing lagi bagi kita, bahkan istilah ini sempat viral di media sosial, banyak konten kreator yang menjadikan beban keluarga sebagai konten dalam menarik penonton. Karena banyak yang penasaran tentang istilah itu, akhirnya muncul beberapa anggapan dari khalayak umum tentang pengertian dari beban keluarga itu sendiri.

Saya sendiri mengartikan bahwa beban keluarga adalah pengangguran yang masih menjadi tanggungan keluarga, yang merasa dirinya tidak memiliki kemampuan apapun sehingga tidak bisa diandalkan. Tentu saja hal tersebut kerap dirasakan oleh pemuda-pemudi Indonesia, kurangnya edukasi yang bisa meluruskan arti beban keluarga itu sendiri, sehingga istilah beban keluarga sendiri menjadi sebuah sesuatu yang salah dipikiran seseorang.

LALU APA ITU BEBAN KELUARGA ? 

Banyak persepsi yang salah tentang beban keluarga,keadaan merasa menjadi beban keluarga sendiri sering dialami oleh remaja hingga orang dewasa, sebenarnya istilah yang tepat bukanlah beban keluarga, dikarenakan anak merupakan anugerah yang diberikan oleh tuhan, tetapi kadang ada pengalaman tidak baik yang membuat seseorang merasa bahwa dirinya adalah beban keluarga.

PENGALAMAN  YANG BURUK.

Banyak sekali pengalaman buruk yang bisa menjadi penyebab dari munculnya pemikiran beban keluarga yaitu seperti kita tidak bisa menghasilkan apapun dan hanya menghabiskan uang orang tua, disaat kita gagal dan tidak bisa membuktikan kita bisa, bahkan saat kita hanya diam dan tidak melakukan apapun kita merasa bahwa kita adalah beban keluarga. Tentu banyak sekali pengalaman dan pikiran yang berasal dari diri kita sendiri. Lalu apakah semua pengalaman buruk hanya bermula pada diri sendiri?

sumber : www.facebook.com

TIDAK SEMUA MENJADI SALAH KITA

Sebenarnya kita tidak harus terus merasa bahwa setiap kesalahan yang kita perbuat kita pantas disebut sebagai beban keluarga, karena kadang tingginya ekspetasi orang lain lah yang membuat kita merasa tidak mampu dalam mewujudkannya, kita terlalu sibuk menyalahkan atas realita yang ada, sehingga muncul ilusi-ilusi dipikiran kita. bahkan kesalahan kecil pun kadang membuat kita menjadi seseorang yang paling salah di dunia. Mindset itulah yang seharusnya segera dibasmi karena akan membuat hilangnya kepercayaan diri pada seseorang.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline