Lihat ke Halaman Asli

Yasinta Rizha Ayu Widoretno

Universitas Diponeoro

Pemutakhiran Data Kependudukan Desa Pranggang oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pranggang, (13/08)---Registrasi penduduk merupakan salah satu sumber diperolehnya data kependudukan. Registrasi penduduk mencakup segala keterangan peristiwa sejak lahir hingga mati yang akan mengubah status sipil seseorang. Data kependudukan sendiri sangat penting untuk perencanaan pembangungan kependudukan, dan salah satu manfaatnya adalah untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Data ini pun harus selalu baru dan konntinue agar dapat memenuhi kebutuhan data di waktu mendatang.

Berdasarkan observasi lapangan, masalah utama terkait data kependudukan di Desa Pranggang adalah database aplikasi SIMPADE yang terakhir ter-update tahun 2015. Kondisi tersebut tentu akan membuat status sipil dan data dalam dokumen kependudukan akan berbeda. Padahal, data-data kependudukan yang tersimpan dalam database aplikasi akan mempermudah pelayanan surat menyurat karena tidak harus ditulis secara manual.

dokpri

Dari masalah tersebut, mahasiswa KKN UNDIP kemudian melakukan pemutakhiran data kependudukan dalam database aplikasi SIMPADE agar kedepannya petugas pelayanan Desa Pranggang tidak kesulitan mencari data penduduk ketika diperlukan. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap selama 3 minggu, mulai tanggal 18 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

Tidak hanya mengisi database aplikasi, mahasiswa juga merekap data pelayanan kependudukan kedalam microsoft excel. Data-data yang telah direkap mahasiswa antara lain data pelayanan pembuatan KTP, KK, Akta Kelahiran, Penduduk Pindah Datang, dan Penduduk Pindah keluar. Harapannya, kegiatan ini akan membantu proses pelayanan publik di desa pranggang. Pun dengan adanya rekap data dalam bentuk soft file tentu akan menghemat tempat penyimpanan dan memudahkan pencarian data di kemudian hari ketika diperlukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline