Lihat ke Halaman Asli

Deny Oey

TERVERIFIKASI

Creative Writer

Kampoeng Tempo Doeloe, Cara "Lezat" Menghabiskan Akhir Pekan

Diperbarui: 2 Mei 2018   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktunya Kulineran (sumber: Dokumentasi Pribadi)

Ingin menghabiskan akhir pekan di sekitaran ibu kota? Atau sekedar melepas penat sambil mencicipi kuliner dan jajanan yang memanjakan lidah? Ke Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) saja. Acara yang menjadi bagian dari Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) ini hadir di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading dari tanggal 5 April - 6 Mei 2018.

Pada Minggu (29/4) ini, saya berkesempatan untuk mencicipi beberapa kuliner penggoyang lidah di KTD bersama Kompasianer Penggila Kuliner (KPK) dalam acara KPK Gerebek ke-31. Dengan puluhan booth dan belasan gerobak yang menjajakan beragam kuliner, tentu ini menjadi cara yang "lezat" untuk menghabiskan akhir pekan. Mulai dari makanan berat, cemilan ringan sampai minuman pelepas dahaga semua bisa kita temukan disini.

So, bagaimana cara "lezat" saya dalam menghabiskan akhir pekan? Berikut ceritanya.

Awali dengan cemilan ringan

It started with fried cempedak. Entah mengapa saya teringat kala wiskulan di daerah Glodok dan mencicipi cempedak gorengnya yang renyah dan lezat. Di KTD ada salah satu booth yang menjual kudapan ini. Namanya Cempedak Harum & Colenak.

Cempedak goreng (sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sebenarnya dia juga menjual makanan lain selain cempedak, namun aroma dan tampilan cempedak goreng jauh lebih menggoda. Dengan tambahan saus gula merah cair kian melengkapi kesempurnaan dan citarasa dari cempedak goreng. Rasa garing dan manis melebur jadi satu. Cocok untuk menjadi pembuka sebelum menikmati makanan berat. Anyway satu cempedak goreng dapat ditebus dengan mahar Rp 10.000.

Pedasnya ayam geprek

"Cabenya mau berapa, pedas atau sedang?"

"Pedas banget!"

"Cabe 10 masuk?"

"Boleh"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline