Lihat ke Halaman Asli

Darz Sudarsono

Nama lengkap: Sudarsono Muhammad Ihrom; Nama panggilan: Darz, Tufron; Tempat/Tanggal Lahir: Jember, 5 Juli 1966; Pendidikan Terakhir: Master, The Language and Arts Education, The Ohio State University, Columbus, USA; Pekerjaan: Dosen Senior di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPBS Universitas Pendidikan Indonesia

Konsep Pendidikan Merdeka Belajar

Diperbarui: 8 Mei 2020   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

bahwa proses belajar pada dasarnya adalah proses "to gain access"; sementara pendidikan adalah prosess "to provide access"; dan pada saat yang sama sekolah (kampus) berperan "to enable access"

Artikel bagian 1 menyuarakan pentingnya konsep dasar yang merangkai pertemalian nilai-nilai kebijakan pendidikan Merdeka Belajar beserta desain pengembangan program-programnya sehingga kebijakan dan program-program yang diusung bukan hanya berhasil namun juga saling konsisten dengan aspek-aspek terkait lainnya baik antar sektor (dalam departemen atau antar departemen) maupun antar trajektori.

Artikel bagian 2 menggaris-bawahi nilai-nilai Revolusi Industri 4 seperti yang digagas oleh Prof Klaus Schwab dan perlunya sikap sebuah kebijakan dalam mencermati perkembangannya utamanya untuk diusung ke dalam konstrukti kebijakan pendidikan.

Pandangan penggagasnya terhadap industri 4 adalah bahwa revolusi yang terjadi sejatinya adalah revolusi dalam ways of doing dan segenap perangkat aparatus yang beroperasi bersamanya; dan oleh karenanya menguasainya adalah tidak kurang dari seni menciptakan alat dan mengelola cara-cara.

Pada bagian tiga ini artikel ingin berfokus pada konsep dasar kebijakan pendidikan Merdeka Belajar dengan terlebih dahulu mendudukkan fenomena Industri 4 sebagai entitas kandidat sebelum diusung ke dalam konstruksi kebijakan.

Pendekatannya adalah menjadikan Industri 4 sebagai kasus pendidikan. Dalam konteks artikel ini kasus pendidikan diperlukan sebagai pintu masuk ke dalam konstruksi kebijakan, yakni dengan melihatnya dalam perspektif:

pertama, Industri 4 sebagai sistem kurikulum

kedua, Industri 4 sebagai sistem nilai

ketiga, Industri 4 sebagai sistem media

keempat, Industri 4 sebagai sistem komoditas

kelima, Industri 4 sebagai sistem ekologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline