Lihat ke Halaman Asli

Darin ArioFazrian

SMA Negeri 1 Padalang

Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Jawaban untuk Berakhirnya Pandemi?

Diperbarui: 10 Maret 2021   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Vaksin Covid -19 AstraZeneca adalah Vaksin Covid -19 dikembangkan oleh Oxford University dengan perusahaan farmasi AstraZeneca yang diberikan lewat suntikan Intraotot. Risetnya dilakukan oleh Jenner Institute Dan Oxford Vaccine Group.


Vaksin ini telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM). Sebanyak 1.113.600 vaksin AstraZeneca yang tiba di indonesia diperoleh dari kerjasama multirateral dengan COVAX Facility. Vaksin ini Memiliki efikasi 62,1 persen. Besaran ini sesuai dengan syarat yang di tetapkan WHO yaitu 50 persen.


Dengan adanya vaksin AstraZeneca ini akankah pandemi global ini berakhir? Tentu tidak semudah itu. Vaksin dengan jumlah terbatas ini juga yang membuat Pandemi Covid -19 ini belum bisa berakhir dengan cepat. Tapi Vaksin ini juga dapat menjadi acuan untuk berakhirnya Pandemi Covid -19. Dengan keadaan seperti ini tentu merupakan kabar yang baik, vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang aman di gunakan lansia, mengingat angka kematian lanjut usia karena virus Covid -19 yang sangat tinggi.


Dengan Vaksin yang ada untuk saat ini diperkirakan pandemi covid-19 ini belum akan segera berakhir dengan cepat. Sementara menunggu alangkah baiknya apabila kita terus menerapkan protokol kesehatan dan mengusahakan memutus rantai penyebaran Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline