Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

"Geyserland", Lembah Geothermal TePuia yang Terbesar di Rotorua

Diperbarui: 28 Maret 2021   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

By Christie Damayanti

                                                                                                                                 

Geyser Roorotua, semburan ir panas, yang memancar keras ke atas sampai belasan meter di udara. Geyser alam, asli di dunia Maori .....

Tidak jauh dari Danau Rotorua, da titik wisata unik yaitu geyser.

Geyser pertama kali terlihat meletus pada akhir 1900 di New Zealand. Letusannya diamati mencapai ketinggian hingga 460 meter, dan menarik minat dunia. Wisatawan sehari dari Rotorua sangat ingin melihat geyser meletus secara teratur.

Cara kerjanya tampaknya diciptakan oleh letusan Gunung Tarawera besar tahun 1886. Air yang dikeluarkan oleh geyser berwarna hitam dengan bebatuan dan lumpur dari daerah sekitarnya, sehingga masyarakat adat Mori menamakan geyser tersebut Waimangu, yang berarti 'Air Hitam'.

Geyser punah pada tahun 1908. Setelah itu, aktivitas hidrotermal di Kawah Gema di dekatnya meningkat, menyebabkan letusan di kawah tersebut pada tahun 1915, 1917, dan 1924. Wikipedia.

Aktivitas termal merupakan inti dari sebagian besar daya tarik wisata Rotorua. Geyser dan kolam lumpur yang menggelegak, mata air panas, dan Te Wairoa ("The Buried Village") - dinamai demikian setelah terkubur oleh letusan Gunung Tarawera tahun 1886.

Di Taman Kuirau, di ujung barat Rotorua, kolam lumpur panas yang menggelegak memenuhi taman. Kita wisatawan, bisa merendam kaki di kolam air panas.

Karena New Zealand memang mempunyai gunung api cukup banhyak, dan sebagian masih aktif, tentu saja membuat Negara ini, khususnya Rotorua mempunyai banyak geyser2 yang bertebaran. Tetapi, mereka tidak membangun rumah2 untuk tempat mandi air panas, seperti di Indonesia.

Mereka lebih memilih geyser2 yang ada disana, tetap dipertahankan sebagai geyser alami.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline