Lihat ke Halaman Asli

Christian Evan Chandra

TERVERIFIKASI

Analis aktuaria - narablog

Kiprah 69 Tahun BTN Menjadi Sahabat Keluarga Indonesia, Termasuk Generasi Milenial nan Digital

Diperbarui: 16 Februari 2019   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Enam puluh sembilan tahun kiprah BTN untuk negeri. Gambar diunduh dari akun Instagram resmi BTN.

Enam puluh sembilan tahun, tentu bukanlah waktu yang muda dan mudah untuk dilalui. Berganti-ganti kepala pemerintahan, berbeda-beda preferensi nasabahnya, berbagai tantangan dan krisis dilalui, tetapi Bank Tabungan Negara alias BTN sukses melalui semuanya dan sampai hari ini masih mengabdi untuk negeri. Jika dulu berfokus pada pembiayaan hunian, kini BTN juga menjadi sahabat generasi milenial yang hidupnya begitu digital.

Pengalaman mengenal BTN untuk pertama kalinya

BTN Cimone, kantor cabang bank BUMN pertama yang pernah saya kenal. Gambar ditangkap dari Google Maps.

Mungkin BTN memang tidak sebesar bank BUMN lainnya, tetapi dialah yang pertama saya kenal dibandingkan saudara-saudaranya. Sebelum pindah ke Jakarta, hanya BTN dan salah satu bank swasta yang hadir di tempat tinggal saya terdahulu sehingga semua pembayaran terkait penerimaan negara dilakukan di BTN. Terlebih lagi, seorang tetangga yaitu Mas Pri bekerja di sana dan sampai hari ini masih memilih untuk setia.

Kehadiran BTN di ajang Indonesia Property Expo. Gambar diunduh dari Property&Bank.

Urusan jumlah kantor cabang dan mesin ATM memang kalah dibandingkan saudaranya, tetapi BTN tak bisa ditandingi soal kehadirannya di pameran properti dan membiayai pembelian properti. Saya tidak bisa menghitung maupun membayangkan berapa banyak keluarga Indonesia yang telah terbantu untuk memiliki hunian sendiri memanfaatkan KPR dan KPA dari BTN.

Tabungan dari BTN untuk generasi milenial

Tabungan untuk generasi milenial dari BTN. Gambar diunduh dari Kaskus.

Namanya saja Bank Tabungan Negara, tentunya pertama-tama kita akan bicara tentang tabungan. Jika dulu berupa buku tabungan bertuliskan tangan, kini BTN memiliki produk yang jauh lebih seru untuk para generasi milenial nan digital adalah Tabungan e'BATARAPOS, hasil kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) di mana rekening dibuka di kantor pos, penyetoran dan penarikan bisa dilakukan baik di outlet BTN, kantor pos, maupun mesin ATM serta CDM, dan adanya fasilitas kartu ATM VISA, internet banking, serta mobile banking. Internet banking BTN sendiri memiliki beberapa fitur, yaitu pantau saldo, cek mutasi, cetak rekening koran, pemindahbukuan antara sesama rekening bank BTN dan dengan bank lain (online, SKN, dan RTGS), membeli pulsa, membayar tagihan, memblokir kartu ATM, mengecek suku bunga dan nilai kurs, sampai memeriksa laporan rekening konsolidasi. 

Hal ini cukup menyenangkan bagi para generasi milenial yang malas bertransaksi di kantor bank, di daerahnya lebih dekat kantor pos dibandingkan kantor bank, aktif bertransaksi secara digital dengan batas waktu yang sempit termasuk, serta gemar bepergian ke luar negeri modal cashless. Tak sampai di situ, generasi milenial juga senang dengan biaya menabung yang hemat. 

BTN peka dengan memberikan bunga untuk saldo di atas Rp300 ribu dan gratis biaya administrasi untuk saldo di atas Rp1 juta. Ketika bank lain mungkin hanya memberikannya untuk produk Tabunganku, itu pun tanpa akses terhadap kartu ATM dan/atau layanan perbankan digital, BTN begitu luar biasa baiknya dan menjadi pilihan terbaik untuk para milenial sehingga uangnya benar-benar berkembang, bukan terus termakan biaya-biaya.

Layanan perbankan digital dari BTN

BTN Virtual Branch untuk membuka rekening kapan saja dan di mana saja. Gambar merupakan dokumen pribadi.

Kerennya lagi, jika Anda malas melakukan fotokopi dokumen dan mengisi formulir pembukaan rekening secara tertulis, Anda bisa memanfaatkan BTN Virtual Branch untuk mengajukan pembukaan rekening secara digital kapan saja dan di mana saja, kemudian tinggal membawa nomor referensi untuk mengambil buku tabungan serta kartu debit.


Tak sampai di situ, bank ini juga memiliki aplikasi ponsel BTN Digital Solution yang membantu generasi milenial menampilkan daftar e-commerce yang bekerja sama dengan BTN, daftar promosi, daftar rumah yang dijual sekaligus kesempatan untuk mengajukan kredit, sampai informasi mengenai lokasi dan kontak kantor bank. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline