Lihat ke Halaman Asli

Garage Life NET: Mengangkat Kustom Kulture di TV, Langkah Berani yang Banjir Pujian!

Diperbarui: 14 November 2016   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Garage Life NET: Mengangkat Kustom Kulture (netmedia.co.id)

Garage Life merupakan sebuah program baru NET yang mulai tayang sejak hari Minggu, 13 November 2016 kemarin. Program ini mengangkat tema kustom kulture yang saat ini sudah cukup memiliki basis dikalangan masyarakat khususnya di wilayah perkotaan. Sebenarnya apa sih kustom kulture? Ini merupakan kegiatan memodifikasi kendaraan yang dapat berupa mobil ataupun motor. Mengapa bisa saya katakan memiliki basis dikalangan masyarakat? Hal ini terlihat dari adanya beberapa event-event yang berhubungan dengan kustom kulture.

Walaupun telah memiliki basis penggemarnya sendiri, kustom kulture belumlah menjadi sebuah hal yang dipahami seluruh kalangan sehingga membuat program televisi semacam ini bisa dikatakan merupakan sebuah langkah berani dari NET. Mengapa bisa saya katakan berani? Karena membuat program semacam ini yang realitanya belum digemari oleh seluruh kalangan memiliki potensi besar untuk tidak berjalan lancar dari segi pendapatan maupun secara rating. Namun keuntungan yang mampu diraih lewat program unik semacam ini adalah tentunya akan memiliki basis penggemar yang setia dan tentunya akan diapresiasi oleh kalangan tersebut.

Maka, stasiun televisi pada umumnya yang memfokuskan diri kepada rating dan pendapatan tentunya tidak akan berani untuk mengadakan program semacam ini karena bisa dikatakan bukanlah selera pasar pada umumnya. Mereka tentunya akan lebih memilih untuk menayangkan sinetron atau program mainstream lainnya yang sudah pasti menjanjikan jumlah penonton yang cukup besar.

Namun berbeda dengan NET, mereka memutuskan untuk mengkesampingkan rating dan keuntungan. NET memutuskan untuk menjalankan program ini dengan harapan untuk mengenalkan kustom kulture kepada kalangan masyarakat yang lebih luas dan ternyata hasilnya memuaskan! Selama penayangan episode perdana Garage Life, komentar positif terus masuk dan memuji program ini sebagai hiburan segar khususnya bagi penggemar otomotif dan kustom kulture. Program otomotif yang benar-benar membahas seputar dunia otomotif, bukan yang menjual tampang sang pembawa acara!

Sedikit ulasan mengenai episode perdana Garage Life, episode ini dimulai dengan memperkenalkan ketiga sosok kunci dalam program ini. Ada Veroland sebagai seorang custom builder, Jujuk Margono yang bekerja sebagai seorang jurnalist, serta juga Iman selaku shop owner. Setelah perkenalan lalu dilanjutkan dengan kegiatan keseharian seputar kustom kulture. Selain itu juga membahas mengenai kegiatan Distinguished Gentleman's Ride, yakni kegiatan berkumpulnya para anak motor.

Sebenarnya menampilkan dan mengangkat hal baru kepada masyarakat bukanlah hal baru bagi NET. Mereka sudah beberapa kali menjadi trendsetter bagi stasiun televisi lainnya bahkan bagi industri secara luas. Misalnya ketika mereka memulai gelombang sitkom-sitkom mereka (situasi komedi) yang mulai memicu stasiun televisi lainnya untuk ikut membuat. Namun contoh yang paling jelas merupakan program The Remix. Berbicara mengenai The Remix, terdapat kesamaan The Remix dengan Garage Life, apakah itu?

Kesamaannya ada di keberanian NET dalam membuat program yang memperkenalkan hal-hal baru kepada kalangan masyarakat luas. Dulu NET mengangkat musik EDM yang sebenarnya sudah memiliki basis dan memperkenalkannya lewat televisi. Namun siapa yang menyangka bahwa program The Remix bahkan mampu membuat musik elektronik sepopuler ini? Apakah Garage Life mampu mengikuti kesuksesan The Remix? Jangan lupa saksikan Garage Life setiap hari Minggu, pukul 22.00, hanya di NET!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline