Lihat ke Halaman Asli

Brian Prasetyawan

Guru SD, Blogger

Pencapaian Indonesia di Piala Asia U-20, Pernahkah Juara?

Diperbarui: 19 September 2022   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: mediansport.com

Pekan ini sepak bola Indonesia kembali semarak dengan adanya pertandingan Timnas U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20. Pada pertandingan pertama Indonesia berhasil menang 4-0 atas Timor Leste.  Publik sepak bola Indonesia kembali tersenyum setelah timnas U-20 berhasil menang 5-1 melawan Hongkong pada pertandingan kedua kualifikasi piala Asia U-20 2023. 

Hasil tersebut membawa Indonesia berada di peringkat pertama grup F dengan 6 poin. Vietnam di urutan kedua juga memiliki poin dan selisih goal yang sama persis seperti Indonesia. Maka pertandingan ketiga melawan Vietnam pada 18 September 2022 benar-benar akan menentukan siapa yang menjadi juara grup F dan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.  

Selain para juara grup, 5 runner-up grup terbaik juga lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Namun, Indonesia tetap harus mengincar juara grup agar benar-benar pasti lolos ke Piala Asia U-20. Jika menjadi runner-up, nasib Indonesia masih harus ditentukan oleh pertandingan-pertandingan di grup lain. Jadi peluangnya masih 50 : 50 kalau hanya berada di posisi runner-up.

Melihat sedang ramainya topik Timnas U-20, saya jadi penasaran. Apa saja pencapaian Indonesia di Piala Asia U-20 ? Apakah pernah juara ?  

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Piala Asia U-20 pertama kali dilaksanakan pada 1959. Ketika itu masih bernama Kejuaraan Remaja Asia. Kemudian pada 2008 berubah menjadi Piala Asia U-19. Mulai penyelenggaraan 2023 menjadi Piala Asia U-20.

Berdasarkan informasi dari wikipedia, Indonesia ternyata pernah juara yaitu pada tahun 1961. Ketika itu Indonesia menjadi juara bersama Myanmar setelah pada pertandingan final bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu berakhir. Ketika itu belum ada adu penalti.  

Hingga saat ini gelar juara Indonesia belum bertambah.  Indonesia juga pernah menjadi runner-up tahun 1967 dan 1970. Kemudian pernah juga meraih peringkat 3 pada 1962. Secara keseluruhan, Indonesia sudah tampil di putaran final Piala Asia U-20 sebanyak 17 kali.  

Sumber gambar: indosport.com

Pada era 2000-an, pencapaian terbaik Indonesia adalah babak perempat final pada 2018. Kebetulan saat itu juga bertindak sebagai tuan rumah. Pada perempat final edisi 2018, Indonesia kalah 0-2 melawan Jepang. Walaupun kalah, indonesia bisa dikatakan mampu mengimbangi permainan Jepang. Indonesia tidak berada di posisi yang terus ditekan, tapi mampu berulang kali menyerang dan mengancam gawang Jepang. 

Melihat 2 pertandingan yang sudah dilakoni, timnas Indonesia U-20 terlihat cukup meyakinkan. Pemain lapis kedua pun juga sama bagusnya. Semoga nanti bisa menang melawan Vietnam dan bisa berbicara banyak di Piala Asia U-20 2023.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline