Lihat ke Halaman Asli

aan rianto

Pengamat Issue HIV

ODHIV dan Vaksin Covid-19

Diperbarui: 5 April 2021   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Terkait masalah pemberian vaksin Covid 19 bagi Orang Dengan HIV sekalipun sudah dibagikan banyak referensi ternyata masih banyak yg enggan update. Beberapa aktifis, pendamping bahkan nakes juga tidak selalu mengikuti edaran yang lebih baru sehingga akhirnya pemberian vaksin menjadi tertunda, banyak teman2 ODHIV yang kemudian mundur dgn alasan enggan membuka status ataupun memberi tau cd4 (memberitau cd4 berarti membuka status HIV positif) beberapa teman sekalipun cd4>200 saat diketahui status positif HIV diminta kembali kelayanan dengan membawa rekomendasi dokter CST yang akhirnya malah memperlambat proses dan membuat birokrasi semakin panjang, hanya krn petugas vaksin tidak memahami edaran yang lebih baru.

Kementrian kesehatan dalam upaya percepatan pemberian vaksin Covid 19 sudah memberikan lampu hijau bagi beberapa penyandang comorbid agar dapat menerima vaksin termasuk tdk ada lagi persyaratan pertanyaan status HIV. Hal ini juga atas rekomendasi PAPDI (dan juga rekomendasi UNAIDS) bahwa orang dengan HIV juga akan memiliki manfaat yg sama , sekalipun mungkin pembentukan anti-body akan lebih lambat atau tidak Sempurna saat cd4<200.

Dan hal ini tidak seharusnya menjadi kendala bagi teman2 yang hidup dengan HIV untuk menerima vaksin , tetap lebih baik menerima vaksin daripada tidak sama sekali.

Dalam edaran UNAIDS juga disebut Orang Dengan HIV tetap harus minum ARV....dan bukan sebagai syarat pemberian vaksin.

Mengingat masih banyak nakes yang tidak update informasi tetapi terus menyuarakan hal ini bahkan diplatform social media hingga membuat banyak teman2 mundur dari vaksin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline