Lihat ke Halaman Asli

Ruang Berbagi

TERVERIFIKASI

🌱

Ada di Balik Bantuan Gempa 1995 dan Korupsi Olimpiade Tokyo 2020, Yakuza Dermawan atau Kejam?

Diperbarui: 2 April 2020   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Yakuza-allthatisinteresting.com

Setelah corona mewabah ke seantero dunia, pertanyaan sulit harus dijawab oleh International Olympic Comitee (IOC) dan pemerintah Jepang. Haruskah Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan sesuai jadwal atau diundur? 

Thomas Bach, ketua IOC selama berminggu-minggu sempat meyakini bahwa Olimpiade di Tokyo harus tetap diselenggarakan sesuai rencana semula.

Bach berpendapat, pembatalan Olimpiade akan menghancurkan impian Olimpiade bagi 11.000 atlet dari 206 komite Olimpiade.

Apa yang dikatakan Bach berubah total pada 24 Maret lalu. IOC, pemerintah Jepang dan panitia penyelenggara Tokyo 2020 akhirnya menunda Olimpiade dan Paralimpik musim panas ini hingga tahun 2021 karena pecahnya Covid-19 di seluruh dunia.

Alasan utamanya, wabah corona telah menghambat atlet dalam persiapan mereka. Tambah lagi, sejumlah negara peserta menerapkan lockdown atau penguncian sementara (kuncitara). 

Ada Yakuza di Balik Olimpiade 2020

Siapa sangka, ada Yakuza di balik persiapan Olimpiade 2020. Fakta ini dilaporkan oleh sejumlah surat kabar ternama, temasuk Japantimes dan South China Morning Post.

Yakuza adalah organisasi kejahatan yang telah lama mengakar dalam sejarah Jepang. Pengaruh Yakuza masih terasa hingga kini di Jepang. Anjloknya perekonomian Jepang salah satunya disebabkan oleh perusahaan boneka milik Yakuza. Sebutannya adalah kigyo shatei.

Kigyo satei ini berhasil mendapat kredit sebesar 300-400 miliar dari perbankan Jepang. Setelah dana pinjaman diterima, dana itu ditransfer ke induk sindikat Yakuza sehingga perbankan Jepang tak berani menuntut kembali.

Setelah maraknya kredit macet perbankan pasca 1990, sejumlah debitor menggunakan jasa Yakuza untuk menjaga properti mereka dari upaya sita oleh bank. 

Yakuza Pekerjakan Tunawisma Bangun Fasilitas Olimpiade
Keterlibatan Yakuza dalam persiapan Olimpiade Tokyo 2020 terkait dengan sektor properti, khususnya pembangunan fasilitas Olimpiade. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline