Lihat ke Halaman Asli

Bina Desa Kalipucang

Program Bina Desa Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Tahun 2022

Branding dan Pemasaran Keju Mozzarella "MOOCHIZ" Produk Kolaborasi dengan UMKM "SUSU KERADJAAN"

Diperbarui: 12 Mei 2022   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Produk dan Kemasan Keju Mozzarella "MOOCHIZ"/dokpri

PASURUAN - Program kerja "Pemberian Edukasi dan Pembuatan Keju Mozzarella" telah terlaksana dengan lancar pada 2 tempat yaitu UMKM "SUSU KERADJAAN" Desa Kalipucang dan SMKN 1 TUTUR. Setelah program kerja "Pemberian Edukasi dan Pembuatan Keju Mozzarella" terlaksana, kemuadian produk Keju Mozzarella akan dilakukan proses selanjutnya yaitu pengemasan (packing) serta pemasaran (marketing). Pada tahap akhir proses pembuatan Keju Mozzarella, keju akan dicetak lalu simpan dalam kulkas pada suhu 1- 4 C. 

Selanjutnya Keju Mozzarella akan dilakukan proses pengemasan produk. Pengemasan merupakan salah satu strategi branding, dimana diantaranya adalah kualitas produk, kemasan menarik dan unik serta pemasaran. 

Branding merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan dari sebuah produk kepada para konsumen dengan penggunaan nama, istilah, simbol maupun desain untuk memberikan identitas produk tersebut. Pengemasan Keju Mozzarella ini menggunakan plastic vacuum yang divakumkan menggunakan vacuum sealer. 

Kemasan vacuum digunakan untuk menghilangkan oksigen dari dalam kemasan plastic vacuum, dimana ketika oksigen sudah dikeluarkan diharapkan waktu kadarluasa suatu produk akan lebih panjang lagi, kemasan vacuum akan memperkecil kerusakan komposisi gizi dan kontaminasi bakteri yang sangat merugikan serta menjaga kelembaban dan kesegaran produk.

Akun Shopee Pemasaran Keju Mozzarella/dokpri

Proses selanjutnya adalah pemasaran (marketing), pemasaran Keju Mozzarella akan dilakukan secara online yaitu Instagram dan Shoppe dengan sistem PO (Pre-Order). Pemasaran Keju Mozzarella menggunakan Instagram akan dilakukan promosi melalui snapgram maupun postingan Instagram @binadesa.tekkim_kalipucang02. Sedangkan pemasaran Keju Mozzarella menggunkan Shopee "TOKO SUSU KERADJAAN". 

Pemasaran sendiri merupakan salah satu kegiatan usaha untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusukan produk agar mencapai tujuan usaha dan dapat diterima oleh konsumen. Tujuan pemasaran antara lain : memperkenalkan produk ke masyarakat, mencapai target penjualan, memastikan kepuasan konsumen,serta menciptakan strategi lanjutan untuk produk. Dengan adanya pemasaran secara online diharapkan produk Keju Mozzarela "MOOCHIZ" dapat dikenal serta diminati oleh khalayak luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline