Lihat ke Halaman Asli

BEM FEM IPB

BEM FEM IPB

Literasi Digital bersama PPK Ormawa BEM FEM IPB

Diperbarui: 27 Juli 2022   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Di era 4.0, masyarakat dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi digital di setiap aspek kehidupan. Pentingnya literasi digital menjadi kunci terciptanya masyarakat modern yang mampu beradaptasi di era digitalisasi. Salah satu bentuk nyata dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen dalam Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) di bidang literasi digital yaitu dengan melaksanakan program SEDIA (Sekolah Digital Anak).

SEDIA (Sekolah Digital Anak) merupakan salah satu dari lima pojok literasi yang diinisiasi PPK Ormawa BEM FEM dalam mewujudkan desa cerdas di Desa Cihideung Ilir. SEDIA dilaksanakan di SDN Cihideung 04 dengan sasaran siswa kelas enam dengan total  73 siswa. 

Pada Sabtu, 23 Juli 2022, telah terlaksana kegiatan SEDIA perdana di SDN Cihideung Ilir 04. Kegiatan dimulai dari pukul sembilan hingga sebelas pagi dengan melibatkan seluruh siswa kelas enam. SEDIA diawali dengan pengenalan tim PPK Ormawa IPB serta pemaparan singkat rancangan program dan dilanjutkan dengan pre-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui pengetahuan dasar siswa kelas enam SDN Cihideung Ilir mengenai komputer. 

Materi ajar yang disampaikan pada pertemuan pertama yaitu fungsi dan manfaat komputer, pengenalan perangkat-perangkat pada komputer, beberapa rumus keyboard, dan pengetahuan dasar tentang Microsoft Word. Tak hanya pemaparan materi, siswa juga diajak untuk praktik langsung cara penggunaan Microsoft Word. Kegiatan diakhiri dengan post-test untuk mengukur pemahaman siswa dari materi yang telah diajarkan. Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari pihak sekolah dan siswa yang terlibat dalam program SEDIA. 

Resource Person : Nabilla Fauziyah Adhwa

Departemen Sosial Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline