Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Mengais Rezeki di Pagi Hari dengan Magang di Pinggir Jalan

Diperbarui: 18 November 2022   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Subuh menjelang pagi segerombolan orang dengan mengendarai sepeda dipinggir jalan raya. Mereka adalah sekelompok orang yang sedang magang pekerjaan. Bukan kerja kantoran atau di pabrik tetapi magang bekerja di sawah. Para pekerja atau yang biasa disebut kuli ancer menunggu para pemilik sawah yang akan menggunakan tenaganya. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 5 - 15 orang. 

Kelompok mereka magang di tempat yang strategis seperti di perempatan atau yang mudah dijangkau. Semua transaksi yang terjadi berdasarkan saling percaya. Pekerjaan setengah hari dibayar 60.000 Rupiah,dengan tambahan makan siang. Tetapi jika tanpa makan maka bayarannya 70.000 Rupiah. 

Dok. Pribadi

Kuli magang ada biasanya pada saat akan tiba musim tanam padi atau tanam bawang. Mereka mencangkul sawah untuk membuat semaian padi atau bikin galengan untuk tanaman bawang merah. Mereka akan dibayar langsung setelah pekerjaan selesai walaupun besok akan bekerja lagi. Tidak semua yang magang dapat pekerjaan karena kebutuhan tidak terlalu banyak. Terpaksa mereka harus pulang ke rumah karena tidak ada yang pakai tenaganya. 

Sungguh kasihan kalau mereka harus kembali pulang dengan tangan kosong. Sudah pasti di rumah keluarganya sedang menunggu jerih payah bapak mereka. Tetapi kita kembalikan lagi kepada sang pencipta, rezeki itu datangnya dari Allah. Jika hari ini pulang dengan tangan kosong berarti belum rezekinya.

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline