Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

KOSTA Bukan Sekedar Komunitas Onthel

Diperbarui: 17 Januari 2022   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Sebenarnya olahraga gowes sedari dulu sudah ada sebelum pandemi melanda negeri ini yang diwakili komunitas onthel. Tetapi marak setelah pandemi dengan berbagai bentuk sepeda muncul komunitas gowes diberbagai wilayah. Walaupun komunitas gowes bermunculan tidak menyurutkan onthelers untuk tetap eksis bahkan makin dekat dengan masyarakat melalui berbagai event kemanusiaan. Salah satu komunitas onthel yang melakukan kegiatan tersebut adalah Komunitas Onthel Sitanggal (KOSTA). 

Dok. Pribadi

KOSTA yang didirikan pada tanggal  20 September 2019 saat ini diketuai H. Syaifuddin. Awalnya komunitas ini hanya melakukan kegiatan rutin sebagaimana layaknya komunitas onthel yaitu gowes. Seiring perjalanan waktu dan kondisi yang ada, kegiatan mulai ada perubahan lebih peduli pada kondisi lingkungan.

Dok. Pribadi

Contohnya masalah kebersihan setelah gowes mereka melakukan aksi menyapu lingkungan, membersihkan selokan, sungai dan juga tempat ibadah. Salah satu bukti yang bisa kita lihat sekarang adalah Kampung KOSTA hasil kerjasama dengan Rokok Sriwedari. Taman yang tertata epik dan rapi berdiri di bantaran sungai irigasi. Selain menambah keindahan juga memberikan edukasi untuk masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. 

Dok. Pribadi

Kepedulian sosial sangat dijunjung tinggi KOSTA baik internal maupun eksternal. Untuk internal  mereka bergotong royong untuk membangun atau merehab tempat tinggal anggota. Membantu anggota yang tertimpa musibah ataupun kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan anggota. Sedangkan untuk eksternal membantu korban bencana alam dengan melakukan penggalangan dana, donor darah sampai membantu program sosialisasi protokol kesehatan dan vaksinasi. 

Dok. Pribadi

Melalui kegiatan sosial mereka menerapkan menang in corpore sano, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ada keseimbangan antara jasmani dan rohani juga pada lingkungan dan masyarakat sekitar. KOSTA lebih dikenal masyarakat sebagai komunitas onthel yang mempunyai empati dan kepedulian pada sesama. 

Dok. Pribadi

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline