Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Resmi Sudah Telor Asin sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Brebes

Diperbarui: 4 Juni 2021   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Telor Asin yang selama ini kita kenal berasal dan dikenal dari Brebes resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Hal ini disambut suka cita oleh pemerintah kabupaten Brebes dan seluruh masyarakat terlebih bagi pengusaha telor asin. Karena hal ini semakin mengukuhkan dan juga pengakuan dari pemerintah pusat kepada produk unggulan telor asin Brebes. 

Dok. Pribadi

Sejak adanya toll Trans Jawa dibuka yang sangat berpengaruh pada omzet penjualan telor asin. Sehingga banyak pedagang telor asin yang membuka cabang atau memindahkan usaha di beberapa kota disepanjang jalur toll Trans Jawa. Sehingga dampaknya telor asin berada dimana-mana. Disatu sisi ini membantu distribusi dan penyebaran telor asin disatu sisi juga menjadi permasalahan sendiri berkaitan produksi telor asin yang melimpah namun berasal dari luar Brebes. 

img-20210604-wa0124-60b9d2008ede4853a97373b2.jpg

Dengan maraknya telor asin diberbagai daerah membuat banyak yang mengclaim telor asin miliknya. Tentu saja ini agak mengganggu dan merugikan Brebes sebagai sentra telor asin, karena memang sudah khas dan spesifik. Dengan penyerahan sertifikat WBTB telor asin pada pengrajin dan pengusaha telor asin akan menjadi momentum sekaligus semangat untuk tetap menjaga kelestarian dan tradisi dalam pembuatan telor asin. Dan juga sebagai identitas komoditas telor asin dan pemilik telor asin. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline