Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa Itu Homo Oeconomicus (6)

Diperbarui: 9 November 2022   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

homo oeconomicus /dokpri

Apa Itu Homo Oeconomicus(6)

Istilah homo oeconomicus adalah referensi  untuk istilah homo sapiens yang dikenal dari biologi dan memahami orang sebagai individu dengan tujuan memaksimalkan utilitas pribadi. Ini berarti untuk mencapai manfaat maksimal, yang paling menguntungkan dipilih dan diimplementasikan berdasarkan analitik rasional, dengan mempertimbangkan dan menimbang informasi yang tersedia. 

Model tersebut digunakan untuk mencoba menjelaskan prinsip-prinsip dasar tindakan manusia dalam konteks ekonomi.

Istilah "kebaikan bersama" (Latin bonum commune) di sini dipahami sebagai kemaslahatan (kesejahteraan) kelompok terbesar dalam masyarakat atau negara, dengan memperhatikan tujuan, tujuan, dan nilai bersama. untuk realisasi yang membawa orang bersama-sama ke dalam komunitas

Model perilaku "Homo Oeconomicus" dengan demikian didasarkan pada asumsi setiap individu cenderung membuat pilihan setelah secara rasional menimbang dan memilih opsi pengambilan keputusan dan, dalam melakukannya, berfokus pada memaksimalkan utilitas pribadi sambil menimbang ketidakpastian dan kemungkinan risiko. 

Atau dengan kata lain, individu dalam citra "Homo Oeconomicus" manusia bertindak menurut prinsip memaksimalkan di bawah premis untuk dapat memperoleh manfaat maksimal dari cara yang diberikan dan prinsip meminimalkan, di mana hanya dihitung usaha minimum diinvestasikan untuk mencapai tujuan;

Untuk kesejahteraan bangsa, dasar dari semua tindakan ekonomi dapat dilihat pada citra manusia "Homo Oeconomicus". Karena pendekatan ini berasumsi egoisme individu yang tidak terbendung mengarah pada keuntungan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Kedua kekuatan ini pada awalnya tampak bertentangan. Tampaknya sulit untuk mendamaikan perilaku egois yang melekat pada manusia dengan mengejar manfaat untuk semua dalam arti kebaikan bersama. Tetapi ini dimungkinkan sebagai hasil dari perjuangan untuk kemakmuran dan akumulasi kekayaan sendiri.

Karena perjuangan ini mengarah pada peningkatan kemakmuran sosial Smith menyebut mekanisme alokasi sentral dalam interaksi pasar ini sebagai "tangan tak terlihat".

Dalam ilmu ekonomi (khususnya pada periode neoklasik), sebuah model yang disebut homo oeconomicus atau manusia ekonomi digunakan untuk menjelaskan perilaku yang diamati atau untuk dapat memprediksi perilaku masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline