Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Socrates, dan Jesus

Diperbarui: 21 Agustus 2022   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tragedi Socrates dan Jesus

Sangat umum jika  membandingkan Socrates dengan  Jesus  Kristus sejauh keduanya bertindak sebagai "bapak pendiri" budaya Barat. Otoritas keagamaan di Athena tidak memiliki kekuatan yang dimiliki Bait Suci Yerusalem pada zaman  Jesus.  Meskipun Platon  meninggal lebih dari 200 tahun sebelum  Jesus  lahir dan datang untuk mewartakan kerajaan Allah, kesamaan antara semua presentasi yang dibuat oleh filsuf ini dan sebagian besar gagasan Kristen saat ini tidak dapat disangkal.

Socrates adalah penginjil dari penalaran yang ketat,  dia pergi melalui jalan-jalan di Athena mengkhotbahkan logika, seperti  Jesus  Kristus akan pergi empat abad kemudian melalui desa-desa Palestina mengkhotbahkan cinta. Dan sama seperti Jesus, tanpa menulis sepatah kata pun dalam hidupnya, memberikan pengaruh pada pemikiran manusia yang ribuan buku tidak dapat mengatasinya. Filosofi  yang dianut oleh  Jesus  Kristus adalah  Cakrawala filosofisnya ditujukan pada cinta, mampu merasakan pengampunan  dapat berkembang di masyarakat.

 Menurut Socrates, tujuan filsafat adalah mengajarkan cinta pada kebajikan. Pengetahuan diri, sumber kebajikan, dimulai dengan keraguan. "Saya hanya tahu    saya tidak tahu apa-apa," ulang Socrates. Metode Socrates bertujuan untuk menemukan "kebenaran" melalui konfrontasi pertikaian dalam bentuk dialektika, retorika, logika.

Bagi Socrates, fungsi filsuf bukanlah untuk mengajarkan apa pun, tetapi (dalam hal apa pun) untuk mengungkapkan, membantu siapa pun mengungkap apa yang sudah ada di dalam jiwa mereka.

Kekristenan dan Platonisme,   menemukan penghinaan terhadap tubuh dan kesenangan (dosa), dan pemurnian jiwa selalu dikaitkan dengan pelariannya atau kepergiannya dari dunia ini. Dalam keduanya juga ada penghakiman pribadi setelah kematian, meskipun dalam Platon  itu bukan penghakiman universal.

Berkenaan dengan pemikiran Plato, dewa akan menjadi fondasi realitas, yang menjadi dasar atribut kebaikan dan kebijaksanaan. Dalam dialog pertama, orang Athena mempertahankan posisi teologis yang bisa kita sebut konvensional, karena dia mengakui    ada dewa supernatural dan dewa abadi.

Socrates mengetahui kebajikan keberanian dari pengalamannya sendiri, dan para pendengarnya mengetahuinya, karena perilakunya yang dingin dan tegas di Pertempuran Delium dalam Perang Peloponnesia, serta ketahanan fisiknya yang luar biasa, sangat terkenal. Keberanian moralnya tak pernah patah. Semua orang ingat  Socrates adalah satu-satunya warga negara yang mampu menentang histeria publik, setelah kekalahan angkatan laut di Pertempuran Arginusas,  di Laut Aegea, ketika mereka diperintahkan untuk ditenggelamkan. Socrates dengan tegas menyatakan mencoba atau menghukum sepuluh orang sebagai kelompok, bersalah atau tidak, adalah ketidakadilan.

"Socrates tidak mengabaikan kebajikan keberanian." Socrates mengajari kita  perilaku yang baik selalu tunduk pada alasan,  semua kebajikan pada dasarnya terdiri dari keunggulan kecerdasan di atas emosi. Socrates biasa berkata, " Sebelum kita mulai berdebat, mari kita putuskan apa topik diskusi yang tepat.

Pada zamannya, dunia indah negara-kota Yunani dan budaya mereka membentang di seluruh lembah Mediterania, melalui Laut Hitam ke pantai Rusia. Armada pedagang Yunani mendominasi perdagangan Mediterania. Di bawah kepemimpinan kota perdagangan besar Athena, orang-orang Yunani telah mengalahkan tentara Persia. Seniman, penyair, ilmuwan, filsuf, siswa dan guru dari seluruh dunia berbondong-bondong ke kota metropolitan Athena. Orang-orang kaya dari negara-negara yang jauh seperti Sisilia mengirim anak-anak mereka untuk mengikuti Socrates dalam perjalanannya dan menghadiri kontroversi-kontroversinya yang aneh. Socrates menolak untuk membebankan biaya apapun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline