Lihat ke Halaman Asli

Bagus Rachmad Saputra

Alumni Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang

Menjadi Guru Profesional, Tingkatkan Profesionalitas Guru dengan Metode Clinical Coaching

Diperbarui: 26 Oktober 2022   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Pribadi

Sebagai sebuah profesi, guru dituntut untuk profesional dalam meningkatkan keterampilan mengajar. Peran guru yang begitu penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah membuat guru harus memiliki beragam variasi strategi dalam mengajar. 

Apalagi tantangan pendidikan semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga guru diharap kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran.

 Bukan hanya terpaku pada bahan ajar yang bersifat 'text book' namun guru dihadapkan pada tantangan bagaimana menciptakan kreativitas baru dalam kegiatan pembelajaran terutama adaptif terhadap perkembangan teknologi. 

Pasalnya pola pembelajaran konvensional dianggap usang dan kurang begitu relevan dengan tantangan pendidikan di era modern seperti saat ini. 

Melihat situasi permasalahan tersebut, Ketua Tim Pengabdian Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Dr. Raden Bambang Sumarsono, M.Pd menggelar pendampingan kepada guru dengan metode Clinical Coaching. 

Metode Clinical Coaching ditekankan pada penulisan karya ilmiah guru sebagai salah satu bentuk tanggung jawab profesionalitas guru. Pelaksanaan kegiatan pendampingan diikuti oleh guru Sekolah Dasar (SD) di wilayah Gugus 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dan dilaksanakan di SD Negeri Model Kota Malang. 

Kegiatan pendampingan penulisan artikel ilmiah yang berbasis pada hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru itu. Terbagi dalam tiga tahap yakni tahap pertama pendampingan sekaligus review penulisan naskah artikel ilmiah.

 Kemudian tahap kedua, pengecekan perkembangan penulisan artikel ilmiah dan tahap ketiga, pendampingan publikasi artikel ilmiah. Raden Bambang Sumarsono mengatakan pendampingan kegiatan penulisan artikel ilmiah dengan metode Clinical Coaching bertujuan membantu guru dalam meningkatkan kompetensi profesional dakan upaya melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). 

Adanya program pendampingan tersebut dapat membantu guru menjadi guru profesional yang tujuannya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

"Kegiatan pendampingan Clinical Coaching ini dilakukan secara kontinyu dengan pemberian bimbingan dari menyusun naskah artikel ilmiah hingga publikasi," kata Raden Bambang Sumarsono.

 "Jadi pendampingan ini berbentuk konsultasi, artinya kita analisis permasalah guru apa dalam menyusun artikel ilmiah kemudian kita dampingi termasuk kesulitan-kesulitan apa saja yang dihadapi dalam menulis naskah artikel," imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline