Lihat ke Halaman Asli

Avent Suzetha

Mahasiswa, Pilot Gantolle.

Permasalahan pada Anak Sekolah Dasar dalam Pembelajaran, Lingkungan, dan Pergaulan di Sekolah

Diperbarui: 15 Januari 2023   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Sebagai calon seorang guru pastinya kita akan menghadapi beragam permasalahan peserta didik di sekolah, khususnya sekolah dasar. Salah satu masalah yang sangat sering ditemui adalah masalah sosial.

Hal ini sangat penting bagi orang tua dari anak didik untuk benar-benar mengawasi dan mendampingi setiap perkembangan seorang anak agar tidak salah dalam memilih pergaulan. 

Nah, berikut ini beberapa permasalahan yang sering kita temui pada anak-anak sekolah dasar.

1. Perundungan

 Perundungan atau Bullying sekarang sudah sangat marak bahkan di lingkungan sekolah dasar. Siswa tidak hanya melakukan perundungan secara lisan dengan mengolok-olok, tetapi juga banyak melakukan perundungan fisik. Biasanya yang menjadi korban yaitu anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Siswa yang melakukan perundungan perlu diberikan arahan dan bimbibingan serta pengawasan supaya tidak berlanjut kepada siswa yang lain. 

Karena, perundungan sangat berdampak buruk terhadap korban karena bisa menyebabkan siswa menjadi minder pada saat berada di sekolah, merasakan cemas atau takut pada saat bersekolah, bahkan bisa menyebabkan seorang siswa menjadi malas untuk sekolah.

2. Malas pergi ke Sekolah

Ada banyak alasan yang mungkin menyebabkan anak merasa malas sekolah. Misalnya rasa bosan, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru, dan mungkin terjadi perundungan pada anak yang tidak diketahui oleh orang tua. 

Jadi, ketika anak malas kesekolah sebaiknya jangan langsung dimarahi, melainkan kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang sedang dialami oleh seorang anak sehingga menyebabkan dia malas untuk kesekolah. 

Tugas kita membantu menyelesaikan permasalahan yang dialamai seorang anak dengan cara pendekatan sehingga anak didik mau bercerita dan kita bisa membantu menyelesaikan masalah yang sedang dialami olehnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline