Lihat ke Halaman Asli

Lawang Sewu: Bangunan Seribu Pintu di Semarang

Diperbarui: 7 November 2023   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menuju Pintu Belakang Lawang Sewu/dokpri

Lawang Sewu, Semarang, 7 November 2023 --- Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) yang sebelumnya digunakan untuk Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Gedung ini dirancang oleh Prof. Jakob F. Klinkhamer dan BJ Ouendag, mereka adalah arsitek asal Amsterdam dengan ciri dominan yang berupa elemen melengkung dan sederhana. 

Bangunan Lawang Sewu ini didesain seperti huruf L, serta memiliki banyak jendela dan pintu sebagai sistem sirkulasi udara. Karena banyaknya pintu, masyarakat menamakannya dalam bahasa Jawa "Lawang Sewu" yang artinya seribu pintu.

Untuk keadaan Lawang Sewu sendiri bersih dan terawat. Terdapat 3 lantai, lantai pertama kurang lebih terdapat tempat jual baju, pernak-pernik, baju, serta lokomotif kereta di pintu keluar. Untuk lantai 2 dan 3 yang ada hanya lorong dengan pintu-pintu yang banyak. 

Selain sebagai destinasi wisata sejarah, Toko di dalam Lawang Sewu juga bisa disewa untuk Pameran, Ruang Pertemuan, Pemotretan, Festival, Bazar, Panggung Seni, Workshop, dan lain-lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline