Lihat ke Halaman Asli

Aulya Rizky Fajarini

Universitas Diponegoro

Mari Mulai Hidup Sehat, Hindari Bakteri dan Kuman!

Diperbarui: 11 Februari 2023   01:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa Siswi SDN 1 Talun. dokpri

Talun, (10/02/2023) -- Pada Rabu, 18 Januari 2023 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro melakukan program sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 01 Talun. PHBS diajarkan sedini mungkin kepada anak -- anak agar terhindar dari penyakit.

PHBS menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan dibuktikan dengan dijadikanya salah satu indikator capaian peningkatan kesehatan dalam program SDGs 2015 -- 2030. PHBS diharapkan dapat menjadi strategi peningkatan kesehatan pada lingkup sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dalam penerapan PHBS lingkup sekolah terdapat beberapa kegiatan yaitu mencuci tangan dengan sabun, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, menggunakan jamban sehat, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok dan mengonsumsi NAPZA, serta memberantas jentik nyamuk.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi kepada anak -- anak mengenai manfaat diterapkannya PHBS kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi 6 langkah cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta gosok gigi yang benar. Setelah diberikan materi, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro mengajak siswa SDN 1 Talun untuk mempraktikkan gerakan cuci tangan yang baik dan benar serta Gerakan Gosok Gigi yang benar agar tidak melukai gusi. Dengan adanya kegiatan sosialisasi mengenai PHBS diharapkan siswa SD dapat menerima materi dengan baik dan dipraktikkan di semua lingkup tidak hanya lingkup sekolah saja.

Penulis                              : Aulya Rizky Fajarini

Jurusan                             : Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing    : Heri Sugito, M.Sc

                                               Nenik Woyanti, SE., M.Si

                                              Muhammad Iqbal Fauzan, SP., M.Si

Lokasi KKN                     : Desa Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline