Lihat ke Halaman Asli

A.RN

TERVERIFIKASI

Freelancer

Mengatasi Depresi, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

Diperbarui: 8 Maret 2022   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pixabay.com/PublicDomainPictures 

Apa yang harus dilakukan jika mengidap depresi? Perlu kita akui bahwa gangguan kesehatan mental seperti depresi masih dipandang tidak baik atau mendapatkan stigma yang buruk di masyarakat.

Sebagaimana kita tahu, depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus murung dan kehilangan harapan.

Namun sebetulnya, depresi lebih dari sekadar perasaan sedih. Depresi juga disertai dengan berbagai gejala fisik yang diderita oleh pengidapnya.

Faktor penyebab seseorang bisa dikatakan depresi juga bermacam-macam. Ada yang karena trauma masa lalu yang dipendam begitu lama, ada juga karena menganggap dirinya tidak berguna hingga putus harapan untuk hidup.

Indikator seseorang dengan diagnosa depresi juga tidak mudah, perlu melakukan beberapa tes yang dilakukan bersama psikiater.

Artinya, Kita tidak bisa menyepelekan depresi, atau orang yang sedang mengidap depresi. Karena jika tidak mendapatkan bantuan dapat berdampak serius pada kehidupan seseorang. Bahkan depresi dapat menghambat pengidapnya dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Jadi, Apa yang harus dilakukan jika depresi?

1. Lakukan Penerimaan

sumber gambar: Pixabay.com/Engin_Akyurt 

Terimalah kenyataan bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja. Sadarilah apa yang kamu rasakan. Itu wajar dan lebih melegakan dibanding kamu mengelaknya.

Kita tahu bahwa berat rasanya divonis mengidap gangguan jiwa, namun coba pikirkan betapa beruntungnya kamu ditangani oleh tenaga ahli yang bersedia membantu kamu untuk melaluinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline