Lihat ke Halaman Asli

Membaca Hati Harus Hati-hati

Diperbarui: 11 Januari 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Membaca adalah usaha menangkap informasi dan makna melalui tanda-tanda, huruf dan simbul yang disiapkan orang serta merta atau sebelumnya. Dengan Membaca orang bisa melanjutkan Belajar. Belajar secara luas adalah kegiatan usaha menambah pengalaman, pemahaman, dengan melihat mendengar menangkap secara inderawi dan rohani mengingat mengambil manfaat.

Anak sekolah belajar dimulai dengan belajar membaca.  Belajar sebenarnya atau lebih jauh hanya mungkin dari kepandaian membaca. Belajar dan Membaca disekolah adalah masalah Pendidikan. Disana ada guru dan sekolah. Ada Program dan ada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan segala usaha mulianya.

Caesar Naibaho Rekan Kompasianer, guru, menulis : ".....program Guru Penggerak sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar, kini telah memasuki masa perekrutan untuk angkatan 9 dan 10 yang merupakan program unggulan Kemendikbud untuk mewujudkan visi dan misi Indonesia Maju Bermartabat melalui Profil Pelajar Pancasila." Tulisan itu diawal artikelnya di Kompasiana.com dengan judul "Mengasah Asa dan Manfaat Ikut Guru Penggerak", (https://www.kompasiana.com/agus_oloan/ 63b8f31993cb7c4ca51fc843/mengasah-asa-dan-manfaat-ikut-guru-penggerak.

Dari kutipan diatas rasa guru yang sangat masif tentang "Program Guru Penggerak, konteksnya hingga targetnya" tidak ayal lagi perihal "Membaca" sudah menjadi olahan yang sangat mendalam. Itu untuk di Sekolah.

Maka mari kita mencatat sedikit tentang membaca, agar kita belajar membaca sebagai warga non sekolah lagi. Sebab memang Membaca adalah kendaraan utama dalam Belajar. Pada umumnya Belajar diluar pesekolahan menjadi tegas sebagai upaya tanpa guru atau oleh orang sendiri.

Akan tetapi belajar membaca sebagaimana bisa dikutip dari dunia persekolahan, kita mengenal "Membaca Intensif dan Membaca Ekstensif dalam Pembelajaran".

Membaca intensif yaitu upaya pembaca dalam mengekstrak informasi dan memahami suatu teks bacaan dengan baik mungkin. Itu memberi latihan juga bagi ketajaman kecerdasan otak kemahiran pembaca dalam menjawab permasalahan dari suatu bacaan.

Sedangkan Membaca ekstensif upaya mendapatkan sebanyak mungkin obyek baca untuk keluasan pandangan. Disamping itu bisa membuat pembaca menjadi lebih fasih dan mudah dalam membaca dengan kecepatan yang sesuai.

Kedua aspek Membaca ini membuat dalam jangka panjang semangat belajar-seumur hidup. Dan bila itu melibas masyarakat berarti membantu perkembangan budaya literisasi bangsa juga.

Boleh membayangkan diri sebagai warga yang sudah terbiasa membaca. Suatu ketika tersaji bacaan yang juga sangat banyak beredar di medsos dewasa ini dan saya berreaksi:  "Ketika saya mikirin peristiwa2 kebencian dan kejahatan, saya memperkirakan 1001 macam cara orang bertindak benci dan jahat. Tetapi ketika saya mengalami menerima dan memberi cinta kasih, ternyata kuperkirakan ada 2023 lebih cara orang mencintai sesamanya."

Kemarin saya tulis frase diatas di akun saya Facebook, dalam waktu semalam pagi tadi saya melihat kira-kira 20 "like" dan dua komentar. Mereka membaca dan menanggapi. Itu berarti deretan huruf-huruf yang saya susun dibaca dipahami dan di respon. Dua kalimat dari dua pengalaman yang berbeda, dilanjutkan pemikiran dua macam persaaan dan kesan yang berbeda. Saya kira para Pembaca itu harus Membaca lebih dari intensif, mungkin membaca dengan hatinya juga. Seorang pembaca mengirim GIFT dengan gambar dan kata "Yess" yang mantab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline