Lihat ke Halaman Asli

Arya Pradana Budiarto

Jurnalis Independent / Dokter Olahraga / Doping Control Officer / Travel Business / Lecturer

Petugas Doping Control Officer Itu Kerjanya Apa?

Diperbarui: 4 Juni 2022   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim doping FIFA Beach Soccer World Cup 2021 Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi penulis


Pengalaman bekerja sebagai Doping control officer di event Olahraga dunia

Moskow, Rusia

Berpartisipasi membantu terselenggaranya event olahraga itu merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan. Apalagi event olahraga itu berskala internasional seperti Piala Dunia. 

Penulis yang saat ini tinggal di Rusia pun pernah merasakan gimana rasanya berpartisipasi untuk membantu terselenggaranya event olahraga dunia seperti Piala Dunia, Piala Eropa, baik Piala Dunia sepakbola besar dan sepakbola pantai yang semuanya diselenggarakan di Rusia dan di negara lainnya.

Ilustrasi petugas doping control di sebuah event olahraga internasional. Sumber foto: Sergei Bobylev/TASS 

Tapi tahukah anda didalam event olahraga itu ada peran Doping control officer, apa sih DCO itu? Apakah kamu sudah pernah punya pengalaman serupa menjadi DCO dalam event olahraga seperti Piala Dunia atau Olimpiade. 

Ya betul peran DCO ini tidak kalah penting karena DCO ini bertugas untuk membantu tim dokter mengambel sampel urin olahragawan untuk diperiksa apakah dalam urin tersebut ada zat-zat yang mengandung Doping.

Saat bertugas menjadi petugas doping control officer di event Piala dunia antarklub FIFA UAE 2021. Sumber foto: Dokumen Pribadi

Doping control officer bekerja di tunnel pemain saat masuk ke lapangan di setiap pertandingan yang berlangsung di stadion, tempat menyelenggarakan event itu.

Mereka menunggu atlet yang sudah ditandai oleh tim dokter dan doping event tersebut untuk dipantau dan ditemani masuk ke ruang kontrol doping selepas pluit laga akhir atau babak kedua di pertandingan sepakbola di bunyikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline