Lihat ke Halaman Asli

Ariq Rai Aryandra

Staff Magang Digital Branding di Direktorat Pusat Teknologi Informasi

Penulisan Konten Media dalam S1 Digital Content Broadcasting: Pendekatan Strategis di Era Digital

Diperbarui: 21 Mei 2025   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Program studi S1 Digital Content Broadcasting di Telkom University mengintegrasikan mata kuliah Penulisan Konten Media untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi menulis di era digital. Menurut penelitian Handayani dan Wijaya (2022), keterampilan menulis konten digital menjadi kompetensi krusial yang dibutuhkan oleh 87% perusahaan media di Indonesia.

Kurikulum dan Kompetensi Inti
Mata kuliah ini berfokus pada:

  1. Prinsip penulisan konten digital efektif (Kurniawan, 2021)

  2. Strategi SEO dan SEM untuk optimalisasi konten

  3. Penulisan multiplatform (media sosial, website, siaran)

  4. Analisis audiens dan pengukuran engagement

Relevansi Industri
Studi oleh Digital Marketing Institute (2023) menunjukkan bahwa:

  • Konten yang teroptimasi SEO memiliki traffic 3x lebih tinggi

  • 72% marketer menganggap penulisan konten sebagai skill terpenting

  • Kebutuhan content creator meningkat 45% dalam 3 tahun terakhir

Keterampilan Esensial
Mahasiswa akan mengembangkan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline