Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Hari Anak Nasional 2021, Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Diperbarui: 26 Juli 2021   07:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto Instagram Kemenkes RI (hasil tangkap layar penulis)

Hari Anak Nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 23 Juli. Demikian halnya tahun 2021, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli 2021 dengan tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Sebuah tema yang mengemban misi mulia bagi bangsa.

Mengapa demikian? Anak-anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Anak-anak bukanlah hadir di dunia untuk  dibiarkan menderita namun harus dijaga, dikasihi, dirawat, dan duperlakukan yang layak sebagai manusia. 

Banyak orang dewasa yang masih lupa atau sengaja lupa pada hak-hak anak. Mereka menganggap anak-anak adalah milik mereka pribadi sehingga merasa bebas berlaku sekehendak hati pada anak-anak. Terkadang mereka lupa kalau anak-anak adalah titipan ilahi.

Kala pandemi semacam ini, orang tua pun orang dewasa bisa menunjukkan rasa pedulinya pada anak-anak lebih dalam. Mengapa begitu? Kebijakan WFH membuat sebagian besar orang tua yang bekerja di kantor, harus berada di rumah. Sediakan waktu untuk lebih banyak memperhatikan kebutuhan anak-anak secara emosional. 

Pandemi Covid -19 bahkan mulai merambah je dunia anak. Mereka mulai terjangkit penyakit berbahaya ini. Berikan ketenangan hati pada anak-anak. Jangan membuat mereka tambah ketakutan. Lindungi mereka dengan karya nyata. 

Sumber Foto Instagram Kemenkes RI (hasil tangkap layar penulis)

Ini beberapa cara yang bisa diambil orang tua untuk melindungi dan mencegah penularan Covid-19 pada anak-anak berdasarkan saran dan himbauan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan sumber Dr. Meisty Ariotedjo, Sp.A seperti tertera di Instagram Kemenkes RI.

1. Anggota keluarga menaati protokol kesehatan

2. Melengkapi imunisasi pada bayi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline