Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Resensi Buku: Lima Bahasa Kasih untuk Anak-anak (Bab 1: Cinta Tanpa Syarat)

Diperbarui: 14 Desember 2021   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku Lima Bahasa Kasih untuk Anak-Anak. Photo by Ari

Sebagai seorang pendidik di sekolah dasar, saya memerlukan buku-buku panduan untuk saya jadikan acuan dalam mengajar. Mengajar anak-anak usia kecil perlu mengedepankan pendidikan karakter. 

Tidak cukup hanya mengisi koqnitif anak saja. Namun kebutuhan emosi anak pun harus diperhatikan.berikut ini akan saya bagikan sedikit bagian dari buku yang pernah saya baca dan sangat bermanfaat bagi saya pribadi.

Judul buku adalah Lima bahasa kasih untuk anak-anak yang ditulis oleh  Gary Chapman and Ross Campbell, M.D.


Saya akan membagikan hal-hal.penting yang saya dapatkan dari buku ini khususnya di bab 1. 


Bab 1 : Dasarnya adalah CINTA


Beberapa masalah yang dihadapi orang tua berkaitan dengan buah hatinya antara lain adalah anak mereka seperti anti sosial, terlalu pendiam atau pemalu dan ada juga yang suka melawan. Tentu saja hal-hal tersebut firasa sangat tidak nyaman. 

Hal tersebut menjadi sumber masalah dan harus dicari penyebabnya lebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengatasinya. Perilaku anak yang kurang baik tersebut seringkali disebabkan karena kondisi di sekelilingnya mendukung atau mendorongnya menjadi pribadi yang tidak menyenangkan. 

Jika kebutuhan emosional anak tidak terpenuhi, maka masalah-masalah tersbit akan tombul. Masing-masing orang tua harus mengoreksi sendiri berkaitan dengan hal atau kebutuhan apa yang kurang dari anak mereka.

Kesulitan orang tua biasanya berkisar pada membuat anak mengerti bahwa mereka mengasihinya. Anak-anak menuntut orang tua mengasihi dengan cara yang mereka pahami. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Mereka harus berusaha untuk dapat mengisi "tangki emosional" anak mereka sampai penuh. Dengan demikian anak-anak akan mengerti bahwa mereka dicintai. 

Namun cinta macam apakah yang sesungguhnya dibutuhkan mereka?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline