Lihat ke Halaman Asli

Himawan Ardhi Suhendra

content kreator

WeChat: Cara Ngobrol di Era Digital

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1352615645530464189

Anda bosan dengan aplikasi chatting yang cuma gitu-gitu aja ?Kini telah hadir sebuah aplikasi chatting  bernama Wechat.Aplikasi besutan  Tencent Technology (Shenzhen) Company Ltd ini terbilang sangat menarik.Pasalnya anda bisa berkomunikasi melalui tiga cara yaitu teks, suara dan juga video.Selain itu anda juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan lintas platform.Artinya bagi anda pengguna android anda juga bisa berkomunikasi menggunakan wechat ini dengan pengguna iphone.Begitu juga dengan ponsel lainya.Dan bukan hanya itu saja masih banyak fitur-fitur menarik lainya. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat setiap pabrikan berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang terbaik.Begitu pula yang dilakukan oleh Tencent Technology (Shenzhen) Company Ltd ini.Pabrikan asal china ini, menawarkan sebuah aplikasi chatting bernama WeChat.Tencent Technology (Shenzhen) adalah salah satu portal layanan internet terbesar di China.Sesuai dengan tagline-nya "The New Way To Connect" WeChat memang memberikan fitur-fitur yang baru dan lebih menarik dibanding aplikasi chatting lainya.Apabila aplikasi chatting yang sering kita jumpai hanya menggunakan teks sebagai media komunikasi.Maka dengan Wechat memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan tiga cara sekaligus yaitu teks, suara dan juga video.Sehingga bisa dikatakan wechat adalah sebuah cara baru untuk berkoneksi ataupun berkomunikasi di era digital saat ini. Meskipun aplikasi ini belum lama diperkenalkan, namun penggunanya sudah mencapai ratusan ribu.Bahkan sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 200 ribu pengguna WeChat diseluruh penjuru dunia.Lalu apa saja sih yang membuat WeChat ini begitu menarik ? Baik mari kita ulas satu persatu fitur-fitur yang ada di WeChat ini.

  1. Voice Messaging Nah seperti apa yang saya katakan sebelumnya, dengan Wechat anda bisa melakukan pesan suara.Untuk menggunakanya anda tinggal menekan dan menahan tombol yang ada dibawah (ada tulisan hold to talk ). Kemudian mulailah bicara, dan jika sudah lepas tombol tersebut maka pesan akan langsung dikirim ke teman anda.Apabila anda tidak jadi mengirim atau ingin menghapus rekaman suara maka langsung geser jari anda dan klik tanda "X" pada layar.
  2. Look Around

    13526163811298510704

    Melalui fitur look around ini anda bisa mencari teman chatting yang berada di sekitar anda atau yang letaknya tidak jauh dari anda.Untuk menggunakanya anda tinggal masuk kemenu social, kemudian langsung klik look araund.Disini anda bisa memilih kategori pencarian.Pilih view females only untuk pencarian perempuan saja, pilih view males only untuk pencarian dengan hasil laki-laki saja atau pilih view all untuk pencarian baik laki-laki maupun perempuan.Apabila anda mendapatkan peringatanmaka pastikan layanan lokasi anda aktif dengan mengaturnya di menu setting.
  3. Shake

    13526171661472806982

    Nah inilah fitur yang unik dan menarik dari aplikasi WeChat ini.Dengan hanya menggoyangkan ponsel anda, maka anda bisa menemukan teman chatting yang saat itu juga menggoyangkan ponselnya.Tapi sayangnya tidak ada layanan untuk memilih lokasi pencarian dengan metode shake ini.Jadi bukan tidak mungkin anda akan menemukan orang jepang, china, amerika dan lainya.Untuk menggunakanya anda cukup masuk kemenu social dan langsung pilih shake.Kemudian goyangkan ponsel kekiri ke kanan atau ke atas bawah.Maka otomatis anda akan menemukan teman yang saat itu juga menggoyangkan ponselnya sesuai dengan gerakan anda.
  4. Facebook Connect

    13526177261870850741

    Facebook Connect adalah layanan untuk mencari teman chatting dari teman-teman facebook yang ada di akun facebook anda.Caranya cukup mudah, masuk kemenu social dan kemudian pilih add contact.Maka ada beberapa pilihan, pilih facebook friends dan kemudian akan muncul nama-nama dari teman facebook anda.Pilih add untuk menambahkanya.
  5. Drift Bottle

    13526187191468536223

    Drift bottle adalah sebuah layanan yang membuat anda seolah-olah membuat pesan yang dimasukan kedalam botol dan membuangnya ke laut.Berharap ada seseorang yang akan membaca pesan anda tersebut.Di dalam drift bottle ini ada tiga pilihan yaitu trow, pick dan my bottle.Pilih trow untuk membuang botol yang telah kita beri pesan didalamnya.Pilih pick untuk mengambil jika ada pesan botol dilaut.Anda bisa membalas pesan tersebut maupun membuangnya kembali kelaut.Dan yang terakhir pilih my bottles untuk melihat botol-botol yang telah anda ambil.
  6. Emoticons

    1352619480652126003

    Salah satu yang membuat WeChat ini menarik adalah emoticons yang banyak, unik dan menarik.Sehingga anda bisa mengekspresikan diri anda semau anda.Selain itu anda juga membuat sendiri emoticons, dengan memilih menu custom.Di emoticons ini ada beberapa pilihan yaitu default, Emoji, Custom dan EmojiArt.Jadi pilihlah sesuai keinginan anda.
  7. Group Chat

    13526199382031863071

    Dengan group chat anda bisa membuaat kelompok dengan beberapa teman anda dan kemudian chatting bersama.Untuk menggunakanya anda pilih menu contact dan kemudian klik gorup pada pojok kanan atas ponsel anda.Kemudian pilihlah teman-teman anda yang ingin anda masukan dalam group, setelah itu pilih "create"

Cuma itu saja ?? eittss tunggu dulu, masih ada lagi Dengan Wechat anda bisa menguploud foto moment-moment penting anda.Menariknya lagi saat anda menguploud foto tersebut anda bisa melakukan editing terlebih dahulu dengan efek-efek yang disediakan oleh WeChat ini.Anda juga bisa memberikan komentar pada foto yang diuploud teman anda.Untuk lebih jelasnya lihat screenshot dibawah ini.

1352621523971532716

Dengan WeChat anda juga bisa melakukan video call.Caranya tekan tombol "+" (sama ketika akan menggunakan emoticons) dan kemudian pilih video call.

1352621593290270356

Nah, bagaimana tertarik untuk menggunakan WeChat ini ? Langsung saja download aplikasinya di http://hk.qq.com/r/288. Selamat mencoba !



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline