Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh "E-Paper" terhadap Minat Baca Pengguna Internet

Diperbarui: 14 Juli 2018   14:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

1.Media Baru

Istilah media baru sampai sekarang masih menimbulkan perdebatan di kalangan ilmuwan. Namun beberapa ahli menggambarkan bahwa media baru merupakan suatu perubahan teknologi yang merujuk pada peningkatan kualitas teknologi yang awalnya analog menjadi media yang menggunakan teknologi digital. Bisa dikatakan bahwa media baru merupakan perkembangan dari media-media yang sudah ada sebelumnya. 

Kesan awal yang muncul dari konsep media baru sering diartikan secara sederhana sebagai media interaktif yang menggunakan perangkat dasar komputet. Pengertian media baru yang selanjutnya memberikan cakupan yang lebih luas seperti diungkapkan oleh croteau (1997:12) dalam jurnal Novi bahwa media baru yang muncul akibat inovasi teknologi dalam bidang media meliputi televise kabel, satelit, teknologi fiber optik dan komputer. Dengan teknologi seperti ini, pengguna bisa secara interaktif membuat pilihan serta menyediakan respon produk media secara beragam.

Menurut McQuail (2000:127) dalam jurnal Novi, media baru dikelompokkan menjadi empat kategori. Pertama, media komunikasi interpersonal yang terdiri dari telpon, handphone, dan e-mail. Kedua, media bermain interaktif seperti komputer, videogame, dan permainan dari internet. 

Ketiga, media pencarian informasi yang berupa portal atau search engine. Dan yang keempat, media media partisipasi kolektif seperti penggunaan internet untuk berbagi dan bertukar informasi, pendapat, pengalaman, dan menjalin melalui komputer dimana penggunaannya tidak semata-mata untuk alat namun juga dapat menimbulkan afeksi dan emosional. 

Media baru adalah kata yang tepat untuk mengistilahkan kemunculan alat-alat digital seperti komputer dan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa pengertian media baru sampai saat ini masih bisa berubah-ubah seiring dengan berkembangnya teknologi. 

Dalam hal ini, Denis McQuail dalam bukunya Teori Komunikasi Massa (2011:16-17) ia menamakan media baru sebagai media telematik yang merupakan perangkat teknologi elektronik yang berbeda dengan penggunaan yang berbeda pula. Teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital. Yang termasuk di dalamnya adalah web dan blog. 

2.Internet

Secara umum, internet merupakan kependekan dari inter connection networking yang artinya merupakan perhubungan seluruh jaringan komputer menggunakan standar sistem global TCP/IP sebagai protokol pertukaran untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet dapat diartikan sebagai alat komunikasi dan sumber informasi. Dengan adanya internet, kita akan dengan mudah mendapat informasi, mulai dari berita, bisnis, pengetahuan, teknologi, hiburan dan lain sebagainya.

Menurut Laquey dalam Ardianto dan Erdinaya (2004:141) internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awal dari pembuatan internet adalah untuk menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras komputer. Namun, pada sekarang ini internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya.

Dewasa ini, internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan. Penggunaannya kini mencakup berbagai kalangan, baik dari pengelola media massa, penerbit buku, artis, guru, dosen, pustakawan, penggemar komputer, pengusaha, bahkan pengangguran sekalipun. Alasan penggunaannyapun beraneka ragam, mulai sekedar untuk berkomunikasi hingga mengakses informasi dan data yang penting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline