Lihat ke Halaman Asli

antowi

Pekerja kantor biasa

Aplikasi gmail vs hotmail di Android.

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beberapa waktu yang lalu saya menuliskan Android gak asyik buat email-an? di lapak ini. Nah begitu Microsoft meluncurkan pembaruan layanan email gratisnya (hotmail) menjadi outlook.com, maka saya tertarik untuk mencoba layanan email gratis ini. Menurut yang saya baca, saat ini kita yang sudah mempunyai akun email gratis ini yang masih memakai domain @hotmail.com atau @windowslive.com bisa menambahkan alias ataupu menrename menjadi @outlook.com. Mengapa saya anggap penting? Karena semisal nama kita dengan dua domain lama tidak tersedia, kita bisa menggunakan domain ke tiga yaitu @outlook.com. Misal dulu saya tidak bisa membuat email dengan alamat antowi@hotmail.com atau antowi@windowslive.com karena antowi sudah dipakai oleh orang lain. Sekarang bisa membuat alias atau bahkan merubah menjadi antowi@outlook.com. Selain itu tampilan outlook.com juga lebih sederhana. Dengan tampilan ala metro windows 8.

Di handset android kita bisa menggunakan aplikasi hotmail untuk mengelola email gratisnya Microsot. Anda dapat mengunduhnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hotmail.Z7 Sama seperti aplikasi gmail for android kita bisa menambahkan beberapa akun di aplikasi ini. Beberapa hari saya menggunakan aplikasi ini, saya membandingkan dengan gmail for android. Menurut saya aplikasi ini lumayan powerfull juga. Bahkan untuk push emailnya lebih cepat daripada gmail. Itu yang saya rasakan di handset saya.

Seperti yang pernah saya tuliskan di posting sebelumnya, saya meragukan push email di gmail for android. Begitu juga dengan aplikasi hotmail ini. Namun kenyataannya di aplikasi hotmail ini yang saya rasakan sepertinya benar - benar realtime. Apakah ada selisih sepersekian detik saya juga tidak bisa membedakannya karena bukan superman he he he. Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa gmail for android bukan real push email.

Hal lain yang menurut saya membuat kemenangan ada di pihak hotmail adalah lampirannya (attachments). Jika di gmail for android (Gingerbread ke bawah. Saya tidak tahu untuk ICS maupun Jelly Bean) kita tidak bisa langsung download lampiran hanya ada tombol preview. Di hotmail kita bisa langsung mengunduh lampiran tersebut. Ya walaupun mungkin di gmail setelah kita preview bisa kita simpan di google drive baru kita unduh. Tetapi berhubung kita harus paham dengan kecepatan internet di Indonesia, saya belum pernah mencobanya. Namun ada cara lain agar lampiran di gmail for android bisa langsung kita unduh yaitu dengan menambahkan aplikasi Download All Files yang bisa di unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hwkrbbt.downloadall

Untuk fitur - fitur lainnya saya kira seimbang antara gmail for android maupun hotmail for android. Atara lain pilihan folder mana yang akan di sinkronasi, sinkronasi kalender, kontak telp dan lain - lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline