Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

3 Rahasia Mahir Berbicara

Diperbarui: 19 Agustus 2021   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi www.pexels.com

Perkataan adalah modal dasar kehidupan sosial manusia, mempelajari seni berbicara dan kemahiran dalam berdialog secara elegant menjadi sesuatu yang utama, harus dimiliki manusia demi terwujudnya keberhasilan dalam hubungan sosialnya dan kehidupan dunia kerjanya.

Apakah anda ingin menjadi pembicara yang hebat dan dikenal sebagai orang yang cerdas?

Jika jawabannya "ya", sangatlah cocok membaca artikel ini sampai selesai, pahami dengan baik agar sedikit demi sedikit dapat di cerna oleh akal maupun pikiran kita rahasianya.

Keahlian berdialog maupun berbicara bukanlah sekedar latihan dalam menyampaikan kata-kata, memilih kalimat yang tepat, dan menguasai seni berbicara saja. Melainkan harus pula disertai dengan beberapa kemahiran tertentu.

Baca juga: https://www.kompasiana.com/anton995634/60c46e7c8ede481293260f03/seni-memahami-kalimat-dalam-pembicaraan

Ketahuilah 3 Rahasia Mahir Berbicara yang harus dimiliki orang yang menginginkan agar menjadi pembicara yang hebat, cerdas dan pandai dalam menggunakan seni berbicara, yaitu : 

1. Keinginan mengetahui apa yang belum diketahui.

Kita harus rajin mendorong akal dan pikiran untuk selalu mencari tahu dan terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan seperti "mengapa ini bisa terjadi?" atau "apa yang terjadi jika ...?" dan pertanyaan lainnya.

Selanjutnya, melalui kecintaan terhadap pengetahuan yang baru dan rasa ingin tahu akan mendorong untuk lebih memahami bahasa dan dialek-dialek profesi yang beragam adanya.

Misalnya, jika mendengar seorang perakit komputer berkata kepada temannya, "driver untuk sound card-nya harus di pasang terlebih dahulu!" atau "tolong RAM-nya ditambah agar kecepatan procesor-nya sesuai".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline