Lihat ke Halaman Asli

Andre Lolong

TERVERIFIKASI

Follow me @andre_gemala

Manfaat Spooring dan Balancing untuk Mobil Kesayangan

Diperbarui: 17 Maret 2022   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi proses spooring ban mobil (liveabout.com) via kompas.com

Hello para daily drivers di Tanah Air. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai Rotasi Ban. Untuk apa Ban di rotasi? Agar keempat Ban mengalami wear yang sama dan habis merata. Hal ini akan membuat performa Ban lebih maksimal dan Ban awet. 

Kali ini mari kita bahas mengenai Spooring dan Balancing yang juga erat kaitannya dengan Rotasi Ban. Mungkin banyak yang pernah dengar atau lihat di buku service kendaraan; Spooring dan Balancing. Apa sih Spooring dan Balancing itu?.

bavarianautotechnik.com

Spooring dan Balancing adalah bagian dari pemeilharaan mendasar untuk kendaraan kita. Keduanya merupakan aktivitas yang berbeda.

Pendeknya begini; Spooring melakukan penyetelan pada steering -bukan roda-. Sementara Balancing melakukan penyeimbangan pada keempat roda (Velg dan ban).

"Steering" adalah sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan komponen yang saling berkaitan, yang menghubungkan kendaraan dengan roda depan dan mengarahkan roda depan sesuai yang diinginkan pengemudi.  

themufflerman.com

SPOORING
Mengatur ulang posisi steering agar sudut geometri roda depan kembali dalam posisi semula sesuai spesifikasi pabrik. Spooring yang proper akan berefek mengembalikan keselarasan kontak antara Ban dengan permukaan jalan.

Spooring berasal dari kata Bahasa Belanda; Spoor, yang artinya jalan pemandu. Kata "Spooring" populer di Indonesia. Di negara lain lebih dikenal dengan istilah Wheel Alignment.

Spooring bertujuan agar Ban lebih awet dan keausannya menjadi lebih merata serta Ban berotasi lurus tanpa kecenderungan "narik". Kita akan tahu bahwa kendaraan kita perlu di Spooring jika:

viciousoffroad.com

autocar-inspection.blogspot.com/

  • Kondisi keausan Ban (tire wear) yang tidak merata
  • Mobil cenderung "narik" ke kiri atau ke kanan. Tidak bisa jalan lurus.
  • Mobil tidak berjalan lurus meskipun posisi roda kemudi lurus
  • Adanya getaran pada roda kemudi.

Spooring baik dilakukan pada setiap pergantian Velg atau Ban depan dan berkala pada 20,000 Km. Ada tiga penyetelan sudut dasar dalam Spooring; Caster, Camber dan Toe;

CASTER
Sudut Caster akan berpengaruh pada keseimbangan pengemudian, stabilitas dan saat mobil memasuki tikungan. Caster adalah sudut steering pada sumbu roda depan yang dilihat dari samping kendaraan.

Jika sudut Steering mendekat kearah pengemudi, maka disebut Positive Caster. Jika sudut Steering menjauh dari arah pengemudi maka disebut Negative Caster.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline