Lihat ke Halaman Asli

Andre Lolong

TERVERIFIKASI

Follow me @andre_gemala

Pilih Ban HT, AT atau MT untuk SUV Anda?

Diperbarui: 30 April 2018   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

amazon.com --repro

Jumlah populasi SUV ( Sport Utility Vehicle ) di Indonesia makin meningkat dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Dimensi body SUV yang besar serta ground clearance nya yang tinggi merupakan kelebihan yang dimiliki SUV dan membuat pengendaranya lebih percaya diri untuk menembus kerumunan macet di Ibukota, melibas banjir, melewati medan sulit, tidak takut rampok dan sebagainya..

SUV memakai Ban yang berbeda ukuran dengan mobil Sedan. Ban SUV tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhannya; bobot, dimensi dan penggunaan. Design Ban untuk SUV berviariasi dan disesuaikan dengan kebutuhannya dalam melalui permukaan jalan; Highway Terrain, All Terrain, ataupun Mud Terrain. Highway Terrain Tires untuk On Road. Mud Terrain Tires untuk Off Road. Untuk lebih detail, yuk kita simak bedanya.

Highway Terrain Tires

Ban SUV ini diperuntukkan di permukaan jalan aspal, jalan tol, jalan raya dan jalan mulus lainnya. Tujuan memakai Ban ini adalah untuk alasan kenyamanan, kecepatan dan keawetan. Pada beberapa merk Ban HT, ada yang sampai mengadopsi beberapa feature dari Ban Sedan. Design pola tapak yang halus/ rapat hingga mempunyai grip yang baik dan rendah kebisingan pada saat kecepatan tinggi. 

Serta dinding Ban yang empuk agar terasa lebih nyaman. Ban ini diperuntukkan bagi SUV atau Crossover yang dalam aktivitas sehari-harinya melakukan perjalanan On Road dalam kota ataupun antar kota. Lebih responsif, stabil, grip dan cornering traction yang baik di jalan aspal dalam kondisi kering. Pada saat kondisi jalan basah, kestabilan dan traksi tetap terjaga dengan kecepatan yang lebih rendah.

netcarshow.com

All Terrain Tires

Ban SUV ini handal pada kombinasi permukaan jalan aspal, gravel, berbatu kecil ataupun lumpur dengan tingkat yang sangat ringan. Ban AT memiliki design pola tapak yang membuatnya dapat melalui permukaan jalan yang bervariasi dengan tread block yang agak dalam dan tidak terlalu rapat namun tetap teratur. Namun di atas permukaan aspal yang basah, SUV yang memakai Ban ini tidak bisa lincah seperti SUV yang menggunakan Ban HT. Karena tread block yang tidak terlalu rapat menyebabkan grip tidak sebaik Ban HT. Akibatnya traksi agak terbatas. Ban AT jaman now sudah di design agar rendah kebisingan. Namun tetap masih lebih bersuara dibandingkan Ban HT.

Mud Terrain Tires

Handal digunakan pada permukaan berlumpur tebal ataupun medan berbatu. Ban MT diperuntukkan bagi para pengguna mobil operasional di Tambang, pekerja di hutan,  hingga para off roader

Untuk olahraga otomotif off road juga tersedia Ban MT yang lebih "macul" dengan design yang lebih ekstrim. Tergantung seberapa ekstrim medan yang akan dilalui. Penggunaan Ban MT di jalan aspal akan sangat berbeda dengan Ban HT maupun AT. Ban MT memiliki banyak tread block yang dalam agar bisa menggali lumpur dan tanah sebanyak mungkin demi mendapatkan traksi. 

Namun akan berbeda ceritanya ketika digunakan pada jalan aspal. tread block yang dalam dan tidak rapat pada Ban MT menyebabkan hanya sebagian karet yang menempel pada permukaan aspal hingga akan licin ketika digunakan pada saat kondisi hujan dan juga boros bensin. Ketika dipacu pada kecepatan sedang hingga tinggi Ban MT juga akan mengeluarkan suara mendengung karena udara yang masuk melalui selah-selah tread block hingga menyebabkan kurang nyaman. Ban MT sekarang ini juga di design dengan bahu lebih kokoh, sidewall yang bergerigi serta tread block yang dapat menangkal batu yang "nyelip".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline