Lihat ke Halaman Asli

Andi Setyo Pambudi

Pemerhati sumberdaya air, lingkungan, kehutanan dan pembangunan daerah

Desa Wisata Bobung, Budaya dan Optimalisasi Hutan Rakyat Gunungkidul

Diperbarui: 6 April 2020   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potongan kayu yang siap diolah untuk kerajinan, baik topeng, alphabet kayu maupun bentuk lainnya di Desa Wisata Bobung. Jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan kerajinan adalah pulai dan albasia. Sumber: Dok. Pribadi Andi Setyo Pambudi

Kisah-kisah teladan pemanfaatan hasil hutan untuk ekonomi rakyat adalah bagian dari narasi besar dan panjang upaya Pemerintah Indonesia melakukan demokratisasi pengelolaan hutan berbasis masyarakat dalam satu dekade terakhir. Kreativitas peningkatan nilai tambah selain menjual kayu saja dari Hutan Rakyat (HR) bertujuan mengentaskan kemiskinan, serta memberikan peluang bagi masyarakat lokal mengelola hutannya sendiri, dan mengembangkan penghidupan berkelanjutan di dalam dan sekitar hutan.

Di tengah masyarakat modern yang berkembang saat ini, topeng kayu masih diminati sebagai  bentuk karya seni yang memadukan nilai estetika dan spiritualitas. Namun, bagi sebagian pengrajin topeng Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul membuat topeng adalah mengukir sejarah untuk diteruskan ke anak cucu. Selain sebagai peluang usaha dan wirausaha yang cukup eksentrik, membuat topeng ternyata juga sekaligus memanfaatkan potensi kayu Hutan Rakyat di wilayah mereka.

Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk menjadi salah satu sentra kerajinan kayu yang inspiratif sekaligus terbukti meningkatkan nilai tambah dari hasil kayu Hutan Rakyat (HR) setempat. Kawasan ini dikenal sebagai Desa Wisata Bobung. Desa wisata Bobung dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Lokasinya yang berdekatan dengan jalan Jogja-Wonosari memudahkan akses wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata Bobung.

Desa wisata Bobung sendiri diresmikan oleh Pemkab Gunungkidul pada tahun 2001 menjadi desa kerajinan topeng batik kayu. Kerajinan tangan klasik dan tradisional ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang akan mendukung penuh bidang ekonomi kreatif dan perhutanan sosial termasuk didalamnya kegiatan dan usaha dalam berkesenian dan budaya yang mengoptimalkan potensi lokal.

Hutan Rakyat Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini dikenal sebagai Desa Wisata Bobung. Hutan Rakyat (HR) berkontribusi dalam suplai bahan baku kayu untuk kerajinan. Jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan kerajinan adalah gmelina dan sengon laut (bahan baku kerajinan berupa miniatur) serta Pulai (bahan baku topeng). Sumber: Dok. Pribadi Andi Setyo Pambudi

Sejarah pembuatan topeng kayu disini dimulai dari kebiasaan masyarakat sekitar dengan menggelar pentas seni tari topeng setiap musim panen tiba yaitu tarian Topeng Pandji.  Topeng panji merupakan bagian dari ritual sedekah bumi, sebagai bentuk rasa syukur kepada pencipta. Hingga kini tarian topeng pandji masih sering dipentaskan sebagai daya tarik wisata di desa ini. Dari sinilah ide pembuatan topeng kayu batik muncul dari seorang penari bernama Sajiman.

Hasil kerajinan topeng kayu khas Desa Wisata Bobung saat masih belum diwarnai dan diproses lebih lanjut. Sumber: Dok. Pribadi Andi Setyo Pambudi

Awalnya topeng kayu hanya diproduksi untuk keperluan pentas tari saja. Ketika banyak wisatawan yang menyukai topeng panji sebagai suvenir, kerajinan ini berkembang. Produksi kayu lain seperti nampan, wayang, gantungan kunci, dan lainnya juga dibuat oleh para pengrajin. Hingga kini tidak kurang sekitar 800 pengrajin topeng kayu batik di desa ini.

Kerajinan kayu desa wisata Bobung berkembang tidak hanya berbentuk topeng saja. Berbagai kerajinan batik kayu seperti nampan, gantungan kunci, wayang dan bentuk-bentuk lainnya juga diproduksi disini. Bahkan salah satu jenis kerajinan yakni kayu alfabet telah menjadi andalan dan diekspor hingga Taiwan untuk dijadikan alat pembelajaran. Kini kerajinan kayu di Dusun Batur juga terus didorong untuk dikembangkan agar menjadi salah satu produk andalan di Desa Putat. Dusun Batur yang memiliki sekitar 60 kepala keluarga itu hampir 80% diantaranya menjadi perajin kayu.

Hasil kerajinan topeng kayu khas Desa Wisata Bobung saat sudah diwarnai dan siap dikemas untuk dipasarkan. Bentuk topeng yang diproduksi juga memiliki kekhasan tersendiri, yaitu mirip tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dan hidung lancip, selain juga khas dalam ukiran dan pewarnaan.Sumber: Dok. Pribadi Andi Setyo Pambudi

Kerajinan kayu alfabet di Taiwan banyak dimanfaatkan sebagai alat belajar di sekolah. Anak-anak di tingkat taman kanak-kanak dikenalkan huruf melalui kegiatan mewarnai kerajinan berbentuk abjad itu. Selain sebagai alat pembelajaran, kerajinan kayu berbentuk abjad itu juga banyak diminati untuk dijadikan nomor rumah ataupun hiasan ruangan. Menurut kabar yang beredar, omset desa ini dari kerajinan kayunya sudah mencapai Rp. 3 Milyar tiap bulannya.

Selain Taiwan, pasar ekspor produk olahan kayu desa ini sudah menembus Eropa (khususnya Belanda), Amerika, Afrika dan Australia. Sebuah prestasi yang membanggakan!!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline