Lihat ke Halaman Asli

Tantangan Guru dalam Dunia Pendidikan

Diperbarui: 20 Januari 2024   01:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam dunia pendidikan menjadi suatu tantangan menjadi seorang guru. Meskipun telah mengambil jurusan pendidikan dan meraih gelar pendidikan, tetapi menjadi guru nyata menjadi sesuatu yang berbeda. Guru meruapakan kreator dalam proses belajar dan mengajar didalam kelas .

Seorang guru harus meningkatkan ilmu pengetahuan yang dipelajari secara terus menerus,yang mana diperlukan adanya pembinaan yang sistematis dan terencana bagi para guru. Seorang guru harus bisa menguasai dan memiliki kompetensi pokok. Kompetensi tersebut adalah Kompetensi prosesioanal, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial Guru, dan Kompetensi Kepribadian.

Tantangan seorang guru dalam dunia pendidikan sekarang dalam hal media digital untuk pemenuhan penunjang kegiatan pembelajaran, agar peserta didik tidak bosan didalam kelas. Guru harus terus berusaha menciptakan pembelajaran inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan pembelajaran bermakna tersebut,salah satunya membuat media pembelajaran yang inovatif.  Seorang guru teruslah belajar dan mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensi yang Anda miliki.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline