Mohon tunggu...
Fahmi Fazaam
Fahmi Fazaam Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Suka mukbang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Pendidikan di Indonesia

9 Mei 2024   21:03 Diperbarui: 9 Mei 2024   21:19 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sertifikasi guru merupakan suatu proses pemberian sertifikat pendidik pada guru yang sudah memenuhi syarat kelayakan dan menpuyai kemampuan profesional sebagai tenaga pendidik. 

Maka dari itu, perlunya kemampuan tersebut bagi seorang guru agar dapat menjadi salah satu terwujudnya tujuan pendidikan di Indonesia adalah menghasilkan siswa yang berkualitas. Kebijakan pendidikan yang baik dapat memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan masyarakat dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Salah satu kebijakan pendidikan yang penting adalah pemerataan akses pendidikan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, pemerintah telah berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang merata kepada warga seluruh negara. 

Agar para guru memenuhi standar kelayakan dan mempunyai kemampuan profesional sebagai tenaga pendidik. Seperti halnya dengan mendirikan sekolah-sekolah di daerah terpencil, memberikan beasiswa kepada siswa yang kurang mampu, dan menyediakan transportasi untuk siswa yang tinggal jauh dari sekolah. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan tidak ada lagi anak-anak yang terpinggirkan dari pendidikan.

Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi bahwa masih banyaknya tenaga pendidik belum mempunyai kemampuan dan kelayakan menjadi tenaga pendidik, pemerintah mencanangkan program sertifikasi guru. Guru merupakan kunci utama dalam memastikan pendidikan yang berkualitas. 

Oleh karena itu, pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan dan pengembangan profesionalisme. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif kepada guru yang memiliki kualitas yang baik dan mendorong mereka untuk terus mengembangkan diri.

Kebijakan pendidikan di Indonesia juga mencakup pengembangan kurikulum yang relevan dan adaptif. Kurikulum yang baik harus mampu mengakomodir perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. 

Pemerintah telah melakukan reformasi kurikulum dengan memperhatikan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja. kebijakan pendidikan di Indonesia juga mencakup pemberdayaan sekolah-sekolah swasta dan perguruan tinggi. 

Pemerintah memberikan kebebasan kepada sekolah-sekolah swasta untuk berinovasi dan menyediakan pendidikan berkualitas. Pemerintah juga memberikan dukungan kepada perguruan tinggi dalam melakukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Kesimpulannya, kebijakan pendidikan di Indonesia sangat penting guna membentuk masa depan bangsa. Dengan berbagai kebijakan Pemerintah lakukan untuk meningkatkan akses, kualitas, dan relevansi pendidikan di Indonesia. 

Namun, banyak tantangan yang masih harus dihadapi dalam mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukannya kerja sama antara Pemerintah, Masyarakat, dan Lembaga Pendidikan dalam mencapai visi Pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun