Lihat ke Halaman Asli

Analisa Apriliani

Fresh Graduate from State University of Jakarta

Suasana Haru Melepas Keberangkatan Ibadah Haji Pertama setelah Pandemi

Diperbarui: 12 Juni 2022   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keberangkatan Rombongan Haji Kabupaten Bogor Tahun 2022. Dokpri

Setelah 2 tahun ditunda karena pandemi, akhirnya pada tahun 2022 ini ibadah haji dapat diselenggarakan kembali. Pada (12/6), Kabupaten Bogor telah melepaskan sebanyak 9 rombongan haji dari beberapa yayasan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIH) se-kabupaten Bogor. Suasana haru pun mengiringi keberangkatan haji tahun ini, ini merupakan keberangkatan haji pertama setelah 2 tahun di tunda karena pandemi. 

Karena keberangkatan haji tahun ini masih dalam era post pandemi, sehingga kuota keberangkatan pun masih dibatasi, disesuaikan dengan rentang usia maksimal 60 tahun. Hal ini disebabkan karena jika jamaah sudah melampaui 60 tahun, dikhawatirkan rentan terkena virus.

Sebelumnya, ibadah haji ditunda selama 2 tahun karena akses penerbangan dan keluar masuk Arab Saudi dibatasi karena pandemi. Hal ini memberikan kekecewaan tersendiri bagi seluruh jamaah haji di dunia tak terkecuali Indonesia, yang seharusnya dapat berangkat pada 2020 lalu. 

Awalnya, pada tahun 2022 juga beredar kabar keberangkatan haji belum pasti dapat dilaksanakan, karena pada bulan Februari lalu, dunia khususnya Indonesia kembali dilanda kasus covid varian baru yaitu covid varian omicron. 

Akan tetapi karena gencarnya vaksinasi masal nasional dan internasional memberikan dampak pada penurunan kasus, sehingga kasus covid di dunia juga di Indonesia semakin menurun. Pada akhirnya Arab Saudi, pada bulan Maret membuka kembali akses penerbangan serta akses untuk ibadah umroh dan ibadah haji nanti. Sehingga dipastikan pada tahun 2022 ini ibadah haji dapat dilaksanakan kembali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline