Lihat ke Halaman Asli

Tawuran Antar Pelajar

Diperbarui: 3 Mei 2024   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://fahum.umsu.ac.id/ancaman-bagi-pelaku-tawuran-antar-pelajar/

Maraknya Kasus Tawuran Antar Pelajar yang Sangat Meresahkan Masyarakat

By: Kharisma Hanafiah Mokoagow

Latar Belakang

Tawuran antar pelajar merupakan isu sosial yang mendalam dan meresahkan. Fenomena ini bukan hanya sekadar perkelahian antarindividu, tetapi juga mencerminkan masalah yang lebih dalam dalam struktur sosial dan pendidikan. Tawuran antar pelajar menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi pembelajaran dan pertumbuhan anak-anak, serta merusak kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Penyebab Tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar tentu terjadi jika terdapat penyebabnya, berikut ini berbagai faktor penyebab tawuran antar pelajar antara lain:

1.Persaingan dalam prestasi akademik: Kegiatan belajar mengajar seringkali dijadikan ajang persaingan oleh pelajar. Jika persaingan menjadi tidak sehat, maka bisa memicu tawuran antar pelajar.

2.Perbedaan ideologi atau pandangan: Perbedaan pandangan atau ideologi antar kelompok pelajar juga dapat menjadi penyebab tawuran antar pelajar.

3.Persaingan dalam non-akademik: Tidak hanya prestasi akademik, kegiatan non-akademik seperti olahraga, seni, dan lainnya juga dapat menjadi penyebab tawuran antar pelajar.

4.Gengsi dan ego: Seringkali pelajar menganggap dirinya atau kelompoknya lebih baik daripada pelajar atau kelompok lainnya. Hal ini bisa memicu tawuran antar pelajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline