Lihat ke Halaman Asli

Tips Atasi Overwhelmed Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Twitter.com/its_rrav

Overwhelmed atau biasa dikenal dengan kelelahan akibat terlalu banyak pekerjaan sering dirasakan oleh para karyawan bahkan pelajar sekalipun. 

Sebenarnya apasih arti dari “Overwhelmed” itu sendiri? Overwhelmed adalah kondisi dimana seseorang merasa kewalahan dalam bekerja karena diberikan tekanan dan beban yang begitu besar sehingga ia harus bekerja secara maksimal. 

Hal ini tentunya sering dijumpai oleh kita sebagai pelajar, contohnya ketika kamu harus membagi waktu kamu antara sekolah dan berorganisasi. 

Belum lagi kalau kamu masih mengikuti berbagai les akademik maupun non-akademik. Bukankah kamu akan merasa kewalahan dalam membagi waktu, membagi tenaga, bahkan membagi pikiran. Hal ini membuat kamu kewalahan dan merasa lelah. 

Lalu bagaimana caranya supaya kamu tidak menjadi kewalahan ketika kamu dihadapi berbagai tugas ospek? Yuk coba simak beberapa tips dibawah ini.

  • To Do List

Tips ini sepertinya sering didengar dan paling wajib dilakukan ketika kamu mulai kelelahan dengan berbagai tugas dan tanggung jawab yang menunggumu. Maka dari itu penting untuk kamu memulai membuat rincian tugas yang harus kamu selesaikan hari itu, besok, maupun dalam jangka panjang. 

Hal ini akan mempermudah kamu untuk mengerjakan dan tertata ketika melakukan sesuatu. Walaupun terlihat sepele, mulailah membuat rincian ini baik di kertas maupun alat elektronik kamu.

  • Management Time

Manajemen waktu adalah salah satu kunci kamu untuk menetapkan berapa lama kamu harus mengerjakan tugas tersebut. Mulailah membuat rincian waktu tugas kamu supaya kamu bisa mengerjakan dengan lebih maksimal.

 Jangan lupa taati waktu yang sudah kamu tentukan dan tidak menunda-nundanya lebih lama. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih aman ketika kamu sudah terbiasa melewati waktu yang sudah kamu tetapkan sendiri.

  • Priority Item

Prioritaskan pekerjaan yang menurut kamu lebih penting dan mendesak. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mengetahui tugas mana yang harus kamu kerjakan dahulu. 

Mulailah membuat tabel prioritas kamu sehingga kamu akan mudah mengenali tugas yang harus didahului dan dikerjakan pada saat itu juga.

  • Reward For Your Self
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline