Lihat ke Halaman Asli

Amerinny TriRezeki

Panggil Rinny. Pernah mengajar taman kanak-kanak. Menulis di blog, buku antalogi, media online

Panduan Lengkap Memilih Platform Bisnis Digital Terbaik untuk Pemula

Diperbarui: 16 Juni 2025   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi digital platform, media sosial, e commerce/bing.com, Amerinny Tri Rezeki

      Di era digital yang terus berkembang, banyaknya pilihan platform bisnis digital, kita harus memilih yang paling tepat untuk memulai walaupun bisa saja terasa membingungkan. Sebagai pemula, penting untuk memahami karakteristik tiap platform, kelebihan, kekurangannya, serta bagaimana platform tersebut bisa mendukung pertumbuhan bisnis anda. Artikel ini akan membahas panduan lengkap untuk memilih platform bisnis digital terbaik agar kamu bisa memulai langkah dengan percaya diri dan strategi yang tepat.

Yuk, simak panduannya sampai habis!

Platform digital adalah sebuah komponen yang bermanfaat agar operasional perusahaan dapat dioptimalkan, untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, lanskap modern. Dimulai pada tahun 1969 awalnya compuserve berdiri untuk koneksi dial up. Koneksi internet email pertama kali diperkenalkan oleh compuserve pada tahun 1980an. Pada tahun 1982an Boston Computer Exchange meluncurkan e- commerce modern.

Digitalisasi bisnis melalui internet kecerdasan buatan untuk bisnis tradisional , inovasi, otomatisasi, internet of thing, pemanfaatan data. Membantu untuk berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, beradaptasi teknologi untuk efisiensi, berinovasi dengan teknologi 

Pilih Platform yang Tepat:

Memilih platform digital untuk bisnis yang menjual produk fisik dan jasa memerlukan pertimbangan matang. Tidak ada satu platform pun yang sempurna untuk semua kebutuhan, jadi pilihan terbaik bergantung pada skala bisnis, jenis produk atau jasa, target pasar, dan anggaran.

 

Berikut beberapa kategori platform dan contohnya:

 

1. Marketplace Umum: Platform ini cocok untuk bisnis yang baru memulai atau memiliki produk atau jasa yang umum. Mereka menawarkan jangkauan pasar yang luas, tetapi persaingan juga tinggi. Biaya transaksi biasanya berupa persentase dari penjualan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline