Lihat ke Halaman Asli

Sayyid Jumianto

Menjadi orang biasa yang menulis

Serangan Umum 1 Maret 1949 Fakta Sejarah yang Menentukan (02)

Diperbarui: 1 Maret 2022   06:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.portaljogja

Serangan umum 1 Maret 1949  fakta sejarah yang menentukan (02)

Saya generasi 1970 an Sungguh peristiwa 6 Jam di Jogja atah Janur kuning adalah sebuah film sejarah realis yang mengangkat serangan umum 1  Maret 1949.

Film yang berani menokohkan presiden kedua Republik ini. Sebuah fakta bahwa di buku-buku sejarah kala itu isinya begini semoga sudah diganti dan diisi sesuai fakta sejarah yang ada (tanpa mengubahnya)

Sekarang film itu tidak pernah lagi diputar di TVRI, fakta sebuah film ikuti zaman siapa berkuasa tampaknya benar adanya penggalian itu akhirnya menemukan fakta siapa dibalik peristiwa ini.

Siapa mastermind, dan siapa yang mempunyai ide penyerangan ini serta operator lapangannya secara langsung dan tidak langsung.

Semua orang tahu bintang lapangannya adalah Soeharto itu juga sebuah fakta sejarah waktu Orde Baru, namun setelah era reformasi terkuak siap dibalik layar serangan umum 1 Maretv1949 yakni Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dengan strategi rancangan Panglima jendral Soedirman.

Mengapa saya menulis ini karena fakta sejarah dan napak tilas sejak dulu zaman Orde Baru sengaja " disembunyikan" dan buku sejarah kita tahunya Soeharto lah yang tercetak disana.

Sejarah memang sudah berlaku dan membeku dalam platform yang berbeda mengubah sejarah adalah tidak bisa tetapi menggali fakta sejarah adalah bisa dan dianjurkan, tanpa mengubah jadi baru.

Sebab sejarah tidak berubah hanya waktu dan penguasa yang bisa menggali lagi makna dan inti sejarah karena sejarah itu sejarah sendiri tidak bisa kita merubah data dan fakta sejarah didalamnya.

Saatnya tanggal 1 Maret  dijadikan hari penegakan kedaulatan adalah sebuah upaya untuk kembalikan lagi roh kebenaran peristiwa ini kelebih baik terutama untuk generasi mendatang yang dinamis dan realistis sesuai zamannya kelak 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline