Lihat ke Halaman Asli

Alifah Andina Almira

Communication Student at IPB University

Terapkan Digital Marketing, Program IPB Goes to Field Jadi Wadah bagi UMKM Bogor

Diperbarui: 1 Desember 2021   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BOGOR - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB kembali menyelenggarakan program IPB Goes to Field (IGTF). Program tersebut sebagai wadah untuk meningkatkan nilai jual produk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa-desa yang tersebar di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Mahasiswa Komunikasi SV IPB menggiatkan kegiatan tersebut dengan sukarela sekaligus guna memenuhi tugas akhir mata kuliah Komunikasi Bisnis. Penjajakan pertama ke desa dilaksanakan pada (31/10/2021) dan penjajakan kedua ke desa dilaksanakan pada (18/11/2021).

Kelompok IGTF 1, mendapatkan UMKM berupa produk Sale Basah. Kelompok tersebut memiliki tujuan untuk rebranding produk guna mengenalkan kepada khalayak yang lebih luas dengan perubahan merek dagang dan perubahan pada kemasan produk.

Tak hanya itu, kelompok IGTF 1 berupaya mengembangkan dan menerapkan digital marketing serta memberi edukasi mengenai pentingnya branding kepada UMKM mengingat bahwa persaingan yang semakin ketat dan harus menentukan target pasar terlebih dahulu sehingga akan lebih terarah.

Digital marketing itu sendiri merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan.

Media digital yang saat ini sedang dikembangkan dan digunakan oleh UMKM Sale Basah yakni Instagram dan TikTok dalam lingkup media sosial dan Shopee dalam lingkup e-commerce, dengan mengedepankan betapa pentingnya branding terhadap produk yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan nilai mutu produk dan nilai jual produk UMKM yang bersangkutan.

Dari diadakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengalaman tim di bidang wirausaha dan menambah pengetahuan mengenai cara atau proses pengolahan suatu produk, terutama berperan aktif dalam memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam lingkup pemasaran melalui penerapan digital marketing serta menambah pengalaman bekerja sama dalam tim. Selain itu, diharapkan kegiatan tersebut juga dapat menjalin hubungan baik antara pihak penjual dengan konsumen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline