Mohon tunggu...
Alifah Andina Almira
Alifah Andina Almira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Komunikasi SV IPB University

Saya merupakan seorang mahasiswi program studi Komunikasi SV IPB University

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Terapkan Digital Marketing, Program IPB Goes to Field Jadi Wadah bagi UMKM Bogor

1 Desember 2021   01:45 Diperbarui: 1 Desember 2021   02:19 182 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

BOGOR - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB kembali menyelenggarakan program IPB Goes to Field (IGTF). Program tersebut sebagai wadah untuk meningkatkan nilai jual produk para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa-desa yang tersebar di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Mahasiswa Komunikasi SV IPB menggiatkan kegiatan tersebut dengan sukarela sekaligus guna memenuhi tugas akhir mata kuliah Komunikasi Bisnis. Penjajakan pertama ke desa dilaksanakan pada (31/10/2021) dan penjajakan kedua ke desa dilaksanakan pada (18/11/2021).

Kelompok IGTF 1, mendapatkan UMKM berupa produk Sale Basah. Kelompok tersebut memiliki tujuan untuk rebranding produk guna mengenalkan kepada khalayak yang lebih luas dengan perubahan merek dagang dan perubahan pada kemasan produk.

Tak hanya itu, kelompok IGTF 1 berupaya mengembangkan dan menerapkan digital marketing serta memberi edukasi mengenai pentingnya branding kepada UMKM mengingat bahwa persaingan yang semakin ketat dan harus menentukan target pasar terlebih dahulu sehingga akan lebih terarah.

Digital marketing itu sendiri merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan.

Media digital yang saat ini sedang dikembangkan dan digunakan oleh UMKM Sale Basah yakni Instagram dan TikTok dalam lingkup media sosial dan Shopee dalam lingkup e-commerce, dengan mengedepankan betapa pentingnya branding terhadap produk yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan nilai mutu produk dan nilai jual produk UMKM yang bersangkutan.

Dari diadakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengalaman tim di bidang wirausaha dan menambah pengetahuan mengenai cara atau proses pengolahan suatu produk, terutama berperan aktif dalam memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam lingkup pemasaran melalui penerapan digital marketing serta menambah pengalaman bekerja sama dalam tim. Selain itu, diharapkan kegiatan tersebut juga dapat menjalin hubungan baik antara pihak penjual dengan konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan