Lihat ke Halaman Asli

Arif Rachman Nasr

Sesungguhnya surga adalah tempat yang terbaik

Review Buku "Kisah Tanah Jawa"

Diperbarui: 24 Juni 2021   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: @kisahtanahjawa

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita berpegang teguh pada kepercayaan animisme ( mempercayai bahwa benda mati memiliki roh ) dan dinamisme (mempercayai bahwa semua benda mati ataupun hidup mempunyai kekuatan gaib. Semua ini sudah tahu sejak belajar di bangku sekolah dahulu. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki kisah atau cerita yang mistis. Pada hal inilah yang akan diresensikan dalam buku dengan judul "KISAH TANAH JAWA" kisah mistisnya di tanah Jawa adalah genderuwo, kolor ijo, Nyi Roro kidul, Lawang Sewu, Roro Jonggrang, dan masih banyak lagi kisah mistisnya.

Setelah membaca buku ini, saya tahu bahwa buku ini sangat menarik untuk diulas. Dan cerita nya yang berbau mistis membuat bulu kuduk berdiri sendiri. Dan yang saya lebih suka buku ini membahas secara per bab yang membuat lebih fokus dan lebih serammm.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku ini adalah : 

Nafas Tiang Pancang ( Pembangunan Dengan Tumbal Nyawa ), Penyedap Komposisi Dosa ( Penglaris Yang Menjijikkan ), Hata Berujung Petaka ( Pesugihan ), MerapaL Kata Terlarang ( Ajian Pelet Cinta ), Kejawen dan Ilmu Hitam.

Kesimpulan buku ini menceritakan tentang kisah mistis sebagai penutupnya dan diceritakan secara singkat. Dan ceritanya kebanyakan berkaitan dengan berbau kecelakaan. Jadi buku ini sangat layak untuk dibaca dan ilustrasinya mantul banget sehingga buku bisa direkomendasikan untuk dibaca.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline