Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Sahidin

Alumni UIN SGD Bandung

Muhammad The Untold Stories

Diperbarui: 23 November 2018   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Husain Sayidi adalah penulis buku Hamname Ghalha-ye Bahadi, yang diterjemahkan dengan judul Muhammad The Untold Stories oleh penerbit Citra Jakarta. Penulisnya menelusuri riwayat dan hadis terkait dengan Rasulullah Saw selama sembilan bulan dengan membuka lima ratus kitab.

Dari kitab itu diperas kemudian dipilah dan dipilih hingga menjadi satu buku dengan tebal 232 halaman. Kerja berat dan cerdas yang ingin menyuguhkan pada pembaca sekaligus memudahkan umat Islam mengambil teladan Rasul Allah Saw.

Susunan buku ini terdiri dari riwayat dan hadis Rasulullah Saw yang terbagi pada empat bagian: diri sendiri, Allah, orang lain dan alam. Diri sendiri terkait dengan diri Rasulullah Saw, tentang Allah menyajikan keutamaan dari mengesakan dan mempriotaskan Tuhan dalam setiap aktivitas Rasulullah Saw, kemudian sikap Nabi Muhammad Saw pada orang lain dan semesta alam.

Narasi hadis atau riwayat yang disajikan penulisnya pendek-pendek dan berurutan. Seperti buku hadis sehingga tinggal dicari pada daftar isi untuk tema yang diinginkan. Keterangan sumber atas narasi tersaji pada catatan akhir (endnote).

Bagi yang ingin mengenal sejarah dan biografi Nabi Muhammad Saw, saya kira cukup buku ini untuk dibaca. Hanya saja tidak ada sajian kronologi kehidupan Rasulullah Saw. Aspek historis ini tidak ada. Sehingga bisa ditempatkan karya Husain Sayidi ini kumpulan hadis tentang Rasulullah Saw. Sumber rujukan yang digunakannya dari kitab Ahlussunah maupun kitab Syiah. *** (ahmad sahidin)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline