Lihat ke Halaman Asli

Agustina Purwantini

TERVERIFIKASI

Kerja di dunia penerbitan dan dunia lain yang terkait dengan aktivitas tulis-menulis

Nyadran, Paket Sembako, dan Harga Pangan Jelang Ramadan

Diperbarui: 22 Maret 2023   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Barisan kue apem (Dokpri Opik)

Sejak kemarin sore aku di Jogja. Nengok ibu. Sekalian mau Nyadran.

Sebuah pesan WA saya terima pada Sabtu malam. Dari sahabat semasa kuliah, yang kini tinggal di Jakarta.

Oke. Insyaallah besok aku ke situ, ya. Sekalian mau lihat orang Nyadran di Masjid Pathok Negoro. Kalau lepas Zuhur sudah selesai atau belum ya, Nyadrannya?

Walaupun jawabannya acara sudah bubaran kalau Zuhur, saya tetap niat berkunjung. Tujuan utama kunjungan 'kan berjumpa dengannya.

Apa boleh buat? Saya tak bisa berkunjung lebih pagi karena ada undangan pengajian sejak pagi.

Namun, ternyata pada pukul 11 lebih sedikit saya sudah berjumpa dengannya. Jauh sebelum Zuhur. Jadi, saya masih bisa melihat sisa-sisa kemeriahan Nyadran* di Masjid Pathok Negoro Dongkelan*.

Rumah orang tua sahabat saya memang dekat dengan Masjid Pathok Negoro Dongkelan. Selisih satu rumah saja. Kakak laki-lakinya bahkan menjadi abdi dalem Kraton Yogyakarta, bagian pasareyan (yang mengurusi makam).

Sudah pasti saya sangat antusias. Maklumlah. Baru saat itu melihat acara Nyadran secara langsung. Tempatnya di Masjid Pathok Negoro pula.

Perlu diketahui, di belakang masjid ada kompleks pemakaman tua. Salah satu yang dimakamkan di situ adalah Kiai Syihabuddin. Beliau adalah cikal bakal Desa Dongkelan sebagai tanah perdikan.

Oleh karena itu, saat Nyadran ramai sekali. Rombongan-rombongan dari berbagai daerah berdatangan. Tujuannya membersihkan makam dan berkirim doa. Warga setempat pun demikian.

Puncak acara berupa kenduri. Sebagaimana umumnya Nyadran, kue apem menjadi komponen utama. Dilengkapi dengan ketan dan kolak kering.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline