Lihat ke Halaman Asli

Agus BudiPrasetya

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Penguatan Nilai Pancasila di Tengah Memudarnya Moral di Kalangan Remaja

Diperbarui: 8 Januari 2021   13:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

a


 Penguatan Nilai Pancasila di Tengah Memudarnya Moral di Kalangan Remaja


Oleh:


Ira Alia Maerani, Agus Budi Prasetya

Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu, sebagai akal sehat dan beberapa  kecenderungan filosofis falsafah,

Sesuai dengan pengertian ideologi di atas, dalam kedudukan sebagai dasar, atau falsafah, atau ideologi, Pancasila merupakan suatu system nilai yang layak dan dapat digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara Indonesia

Sebagai falsafah atau ideologi negara Indonesia, Pancasila bukan sebuah ideologi impor dari bangsa lain, juga bukan sebuah hasil konstruksi ide satu orang, melainkan sebuah hasil penggalian oleh Sukarno atas nilai kebudayaan masyarakat Nusantara yang kemudian dirumuskan dan disepakati bersama oleh para pendiri bangsa.

Pancasila lahir sebagai ideologi bangsa adalah pilihan yang terbaik karena kandungan dasarnya yang berawal dari kitap Negarakertagama yang mengandung arti luas bagi bangsa ini yaitu “walaupun berbeda tetapi tetap satu jua”.

Namun , melihat akhir-akhir ini nilai pancasila sudah mulai terabaikan oleh masyarakat terutama dari kalangan generasi muda.

Pancasila yang sebagaimana mestinya menjadi Pandangan Hidup, Dasar Negara, Pemersatu Bangsa, sekarang hampir tidak ada artinya lagi.

Hal itu dapat kita lihat dari banyaknya kejadian dan peristiwa yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Mereka seolah-olah lupa bahwa jati diri Bangsa Indonesia adalah Pancasila dan  melupakan adat ketimuran yang kita miliki yaitu Negara yang menjunjung tinggi moral dan adat kesopanan.

Para kaum muda yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa, malah  melakukan  hal yang bertentangan  dengan nilai pancasila.Penyebab melemahnya nilai pancasila di kalangan masyarakat terkhususnya pada generasi muda, salah satunya pesatnya era globalisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline